Penanaman Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Melalui Program Kelas Paling Kotor di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Afianingsih, Rosi (2018) Penanaman Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Melalui Program Kelas Paling Kotor di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosi Afianingsih_084141183.pdf

Download (18MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan komponen yang sangat penting bagi semua tingkat pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda tergantung dari pendidikan yang di dapatkannya. Apabila seseorang mendapatkan pendidikan karakter yang baik sejak usia dini, ketika dewasapun tidak akan mudah berubah. Karena saat seseorang dewasa, karakter yang baik akan tetap melekat dan menjadi kebiasaan pada diri seseorang tersebut. Dengan adanya pendidikan karakter diharapkan persoalan mendasar dalam dunia pendidikan yang menjadi keprihatinan dapat diatasi bersama. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman pendidikan karakter disiplin terhadap siswa melalui program Kelas Paling Kotor di MTs. Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap siswa melalui program Kelas Paling Kotor di MTs. Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana penanaman pendidikan karakter tanggung jawab terhadap siswa melalui program Kelas Paling Kotor di MTs. Negeri 1 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter disiplin terhadap siswa melalui program Kelas Paling Kotor di MTs. Negeri 1 Jember; 2) Untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap siswa melalui program Kelas Paling Kotor di MTs. Negeri 1 Jember; 3) Untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter tanggung jawab terhadap siswa melalui program Kelas Paling Kotor di MTs. Negeri 1 Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu: a) Observasi; b) Wawancara; c) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan sikap (Change Behaviour) pada siswa yang awalnya tidak disiplin menjadi disiplin dapat dibuktikan dengan mereka mau mentaati peraturan yang telah di tetapkan di sekolah. Kemudian siswa yang awalnya tidak peduli terhadap lingkungan menjadi peduli terhadap lingkungan seperti bukti bahwa mereka mau merawat serta menjaga tanaman yang tumbuh di sekitar lingkungan sekolah. Kemudian siswa yang tidak bertanggung jawab menjadi bertanggung jawab dapat dibuktikan dengan mereka mau menyapu, mengepel dan menjaga kebersihan kelas dan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:41
Last Modified: 17 Apr 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22685

Actions (login required)

View Item View Item