Metode Pembelajaran Amstilati Dalam Meningkatkan Baca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Al-Marhamah Tahun pelajaran 2017/2018

Yakin, Abd (2019) Metode Pembelajaran Amstilati Dalam Meningkatkan Baca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Al-Marhamah Tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abd. Yakin_084148001.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pembelajaran Amtsilati termasuk metode pembelajaran modern, yang paling banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran kitabiyah di lingkungan pesantren. Ini merupakan bukti bahwa metode ini memiliki kekhasan tersendiri sebagai bentuk metode yang cakupannya tidak hanya pada pencapaian target dalam keberhasilan kemampuan baca kitab kuning, melainkan juga pada proses pemahaman dan kemampuan membaca dan memahami kitab kuning yang berlangsung di pesantren. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dari skripsi ini adalah: Bagaimaana metode pembelajaran amstilati dalam meningkatkan baca kitab kuning santri di pondok pesantren Al Marhamah. Desa langkap kec. Bangsalsari? dengan Fokus Masalah: 1) Bagaimana langkah-langkah metode pembelajaran amstilati dalam meningkatkan baca kitab kuning santri di pondok pesantren Al Marhamah? 2). Apa saja kelebihan metode pembelajaran amstilati dalam meningkatkan baca kitab kuning santri di pondok pesantren Al Marhamah? 3). Apa saja kekurangan metode pembelajaran amstilati dalam meningkatkan baca kitab kuning santri di pondok pesantren Al Marhamah?. Adapun tujuan penelitiannya adalah: Untuk mendiskripsikan bagaimana metode pembelajaran amstilati dalam meningkatkan baca kitab kuning santri di pondok pesantren Al Marhamah. Desa Langkap Kec. Bangsalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Diskriptif. Peneliti mendapatkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penentuan subjek peneltian mengunakan purposive sampling. Tahaptahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Teknik analisa data menggunakan analisis data kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Pembelajaran Amstilati Dalam Meningkatkan Baca Kitab Kuning Santri adalah pembelajaran kitab amstilati akan dapat dicapai dengan mudah apabila mayoritas santri pondok pesantren Al-Marhamah mau mengikuti kegiatankegaitan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas dengan mutola’ah/takror, istiqomah, disiplin dan memanfaatkan motivasi yang telah disampaikan oleh dewan asatidz, sehingga kemudahan dalam menghafalkan nadhom amstilati dan membaca kitab kuning akan cepat terwujudkan.2) Kelebihan Metode Pembelajaran Amstilati Dalam Meningkatkan Baca Kitab Kuning Santri adalah terletak pada kemampuan santri dalam membaca dan mengartikan kitab kuning serta kecerdasan ingatan dalam menghafal semua bait-bait nadhom amstilati yang ketika munaqosah membaca kitab kuning berlangsung santri AlMarhamah akan dihadapkan dengan pertanyaan tarkib nahwu shorof dan disertai bacaan nadhom yang sesuai.3) Kekurangan Metode Pembelajaran Amstilati Dalam Meningkatkan Baca Kitab Kuning Santri adalah kemampuan santri dalam menjelaskan dan memahami kitab kuning yang mana kendala tersebut menjadi permasalahan yang cukup signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran amstilati dan terus dievaluasi. Kata kunci: Metode, Pembelajaran, Amstilati, dan Kitab kuning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:28
Last Modified: 17 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22695

Actions (login required)

View Item View Item