Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Maulana Ishaq Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019

Fikri, Ahmad Hariza (2019) Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Maulana Ishaq Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Hariza Fikri_ 084 131 112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang dipakai dalam kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh untuk menunjang keberhasilan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di MTs Maulana Ishaq Benelan Lor - Kabat - Banyuwangi. Hal ini dapat dilihat dari latar belakang siswa yang belum memahami pentingnya mata pelajaran Al-Qur’an Hadits maka guru harus dapat menggunakan metode yang tepat dalam menyampaikan pelajaran, agar siswa tidak merasa bosan pada saat pelajaran dan materi yang disampaikanpun dapat dicerna dengan baik oleh siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Maulana Ishaq Benelanlor Kabat Banyuwangi ? 2) Apa faktor yang menghambat metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Maulana Ishaq Benelanlor Kabat Banyuwangi ? 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan penerapan metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Maulana Ishaq Benelanlor Kabat Banyuwangi ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) mendeskripsikan metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Maulana Ishaq Benelanlor Kabat Banyuwangi 2) mendeskripsikan faktor yang menghambat metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Maulana Ishaq Benelanlor Kabat Banyuwangi , 3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan penerapan metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Maulana Ishaq Benelanlor Kabat Banyuwangi Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: 1) dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits guru menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits yakni metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan dengan teknik Snow Ball. Pemilihan metode dan teknik tersebut dilakukan dengan harapan siswa dapat menerima pelajaran dengan baik dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran Al-Qur’an Hadits agar prestasi belajar siswa bisa meningkat. 2) faktor yang menghambat adalah Faktor Internal yaitu, (1) kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnyamata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (2) kurangnya motivasi, (3) materiyang terbatas, (4) ketersediaan waktu yang terbatas. Faktor Eksternal yaitu: (1) lingkungan keluarga (2) lingkungan sekolah. 3) Solusi dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MTs Maulana Ishaq yaitu, kerja sama yang baik antara sekolah dan juga guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:28
Last Modified: 17 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item