Pembelajaran Berbasis Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tingkat Wustho di Madrasah Diniyah Al Amiriyyah Putri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Anggraeni, Khumairoh Rina (2018) Pembelajaran Berbasis Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tingkat Wustho di Madrasah Diniyah Al Amiriyyah Putri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khumairoh Rina Anggraeni_084 141 298.pdf

Download (8MB)

Abstract

pendidikan diniyah yaitu pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan pada semua jalur dan jenjang pendidikan. Dalam pelaksanaannya pendidikan diniyah terdiri atas tiga macam,yaitu: pendidikan diniyah formal, nonformal dan informal. Madrasah Diniyah Al Amiriyyah Darussalam Blokagung Banyuwangi termasuk dalam jalur pendidikan diniyah nonformal yang disebut dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Madrasah Diniyah Al Amiriyyah dalam pembelajarannya diselenggarakan sistem Diklat sebagai inovasi dalam mengatasi permasalahan kurikulum pendidikan. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini berupaya untuk mengungkap secara mendalam tentang Pembelajaran Diniyyah berbasis Diklat. Dengan fokus penelitian: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis pendidikan dan pelatihan (Diklat) tingkat wustho di Madrasah Dinyyah Al Amiriyyah Putri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.? Dan tujuan penelitian adalah: untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis pendidikan dan pelatihan (Diklat) tingkat wustho di Madrasah Dinyyah Al Amiriyyah Putri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan subjek penelitiannya yaitu kepala Madrasah, PKM Kurikulum, Itmam, panitian daur, Ustadz pembimbing dan siswa dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi nonpartisipan, wawancara bebas terpimpin, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran berbasis Diklat tingkat wustho yaitu: perumusan tujuan, menganalisis materi dan mementukan narasumber. (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis Diklat tingkat wustho yaitu: pembelajaran Muhimmatun Nisa’ dilaksanakan selama 6 hari dan pembelajaran Ilmu Faroid dilaksanakan selama 4 hari dalam satu semester, dengan proses pembelajaran yang diawali dengan pendahuluan, penyajian dan penutup (3) evaluasi pembelajaran berbasis Diklat tingkat wustho yaitu: pre test, evaluasi harian berupa penugasan, dalam evaluasi harian hanya materi Faroid yang memberikan evaluasi harian sedangkan materi Muhimmatun Nisa’ tidak memberikan evaluasi harian dan evaluasi Daur (Daur Awal, Daur Tsani dan Daur Tsalis), Ebtadin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:28
Last Modified: 17 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22698

Actions (login required)

View Item View Item