Pengaruh Social Surrounding, Lifestyle Shopping, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS JEMBER

Nasuha, Dalilatun (2023) Pengaruh Social Surrounding, Lifestyle Shopping, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS JEMBER. Undergraduate thesis, KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DALILATUN NASUHA (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Dalilatun Nasuha, Nadia Azalia Putri, M.M 2023 : Pengaruh Social Surrounding,
Lifestyle Shopping dan Hedonic Shopping terhadap Impulse Buying Konsumen
Hijab Pada Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata kunci : Social Surrounding, Lifestyle Shopping, Hedonic Shopping, Impulse Buying
Aktifitas penjualan hijab pada era modern ini yang semakin hari semakin pesat dan
menjadi sebuah referensi gaya hijab untuk konsumen mengganti penampilan dan meniru
orang lain. Para konsumen selalu ingin mencoba mengikuti trend baru agar tetap tampil
lebih keren, lebih tetap percaya diri dan nyaman saat berbelanja hijab yang dibelinya secara
impulsif atau Impulse Buying.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) apakah social surrounding berpengaruh
positif signifikan terhadap impulse buying konsumen hijab pada mahasiswi Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS JEMBER, 2) apakah
Lifestyle Shopping berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying konsumen hijab
pada mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN
KHAS JEMBER, 3) apakah Hedonic Shopping berpengaruh positif signifikan terhadap
impulse buying konsumen hijab pada mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS JEMBER, dan 4) apakah social surrounding,
lifestyle shopping, dan hedonic shopping berpengaruh positif signifikan terhadap impulse
buying konsumen hijab pada mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS JEMBER
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui social surrounding
berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying konsumen hijab pada mahasiswi
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS
JEMBER, 2) untuk mengetahui Lifestyle Shopping berpengaruh positif signifikan terhadap
impulse buying konsumen hijab pada mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS JEMBER, 3) untuk mengetahui Hedonic Shopping
berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying konsumen hijab pada mahasiswi
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS
JEMBER, dan 4) untuk mengetahui social surrounding, lifestyle shopping, dan hedonic
shopping berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying konsumen hijab pada
mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN
KHAS JEMBER
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory
research. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling yang
berbentuk Covenience Sampling sebanyak 85 responden. Penelitian ini menggunakan
metode analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan bantuan Software
Statistical Package For Sciences (SPSS) versi 25.
Penelitian ini sampai pada simpulan 1) Variabel Social Surrounding (X1)
berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Impulse Buying (Y), dengan nilai beta sebesar
0,161. 2) Variabel Lifestyle Shopping (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse
Buying (Y), dengan nilai beta sebesar 0,326. 3) Variabel Hedonic Shopping (X3)
berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (Y1), dengan nilai beta sebesar
0,212. 4) Variabel Social Surrounding (X1), Lifestyle Shopping (X2), dan Hedonic
Shopping (X3) motivation berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (Y),
dengan nilai F hitung sebesar 14,730.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Dalilatun Nasuha
Date Deposited: 02 May 2023 01:29
Last Modified: 02 May 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22699

Actions (login required)

View Item View Item