“Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo"

Yumna, Naila Nuril (2018) “Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo". Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naila Nuril Yumna_084 141 184.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran di kelas. Salah satu yang harus dilakukan yaitu menggunakan metode atau media yang menarik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Misalnya menggunakan media musik, seperti yang diterapkan oleh guru dalam pemahaman membaca kitab Lubabul Hadist di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo? (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo. (3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Membaca Kitab Lubabul Hadist dengan Menggunakan Media Bermusik di Pondok Pesantren Sabda Ria Nada Tlogosari Sumbermalang Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Perencanaan media pembelajaran bermusik dengan cara menyiapkan media yaitu lagu atau syair dan gitar. (2) Pelaksanaan media pembelajaran bermusik guru menggunakan 3 cara yaitu pre tes, proses dan post tes. (3) Evaluasi media pembelajaran bermusik guru menggunakan 2 cara yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:28
Last Modified: 17 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22700

Actions (login required)

View Item View Item