Korelasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Pengamalan Ibadah Siswa Di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mahmudah, Nurul (2018) Korelasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Pengamalan Ibadah Siswa Di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Mahmudah_084 131 271.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan usaha yang berupa pengajaran dan bimbingan terhadap anak didik agar nantinya dapat mengamalkan apa yang diajarkan dalam pembelajaran PAI di sekolah, serta menjadikan ajaran Agama Islam sebagai jalan kehidupan baik pribadi maupun bermasyarakat. Dalam hal ini, siswa menerapkan pengamalan ibadah ada yang berbeda-beda. Ada siswa yang hasil belajar memenuhi KKM memiliki pengamalan ibadah yang juga baik, ada juga siswa yang hasil belajar PAI rendah atau kurang memenuhi KKM namun pengamalan ibadahnya baik dan ada siswa yang hasil belajar PAI memenuhi KKM namun pengamalan ibadahnya kurang. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah ada korelasi yang signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan ibadah siswa di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018?, sedangkan sub pokok masalah yaitu: 1) Apakah ada korelasi yang signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan ibadah khashsah siswa di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018?; 2) Apakah ada korelasi yang signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan ibadah ‘ammah siswa di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan dalam penelitian ini secara umum yaitu untuk mengkaji korelasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan ibadah siswa di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018. Adapun secara khusus dibagi menjadi dua yaitu: 1) Untuk mengkaji korelasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan ibadah khashsah siswa di SMK AlMuttaqin Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018; 2) Untuk mengkaji korelasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan ibadah ‘ammah siswa di SMK Al-Muttaqin Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X, XI dan XII SMK AlMuttaqin Patrang Jember, yaitu dengan jumlah 44 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menyertakan angket, observasi, wawancara serta dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independent (X) yaitu hasil belajar dan variabel dependent (Y) yaitu pengamalan ibadah. Variabel dependent terdiri dari dua variabel yaitu pengamalan ibadah khashsah (Y1) dan pengamalan ibadah ‘ammah (Y2). Data yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisis dengan chi kuadrat dan uji korelasi menggunakan contingency coefficient (C). Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan umum yaitu: Ada korelasi yang tinggi dengan hasil rumus C 0,63Cmaks, sedangkan kesimpulan khusus yaitu: 1) Ada korelasi yang tinggi dengan hasil rumus C 0,607Cmaks. 2). Ada korelasi yang sedang dengan hasil rumus C 0,56Cmaks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:27
Last Modified: 17 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22701

Actions (login required)

View Item View Item