Penerapan Seni Kaligrafi Menggunakan Metode Taqlidy Hamidi di Institute of Culture And Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember

Nisa', Qonitatun (2018) Penerapan Seni Kaligrafi Menggunakan Metode Taqlidy Hamidi di Institute of Culture And Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qonitatun Nisa’_084141064.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an dalam bahasa Arab artinya bacaan dan disebut juga dengan alkitab yaitu tulisan. Untuk membaca al-Qur’an terdapat beberapa metode yang telah diterapkan di Indonesia dan untuk menulis juga terdapat dua metode yaitu metode al-khat al-mansub dan metode taqlidy hamidi, di devisi kaligrafi ICIS IAIN Jember menerapkan metode taqlidy hamidi dalam pembelajarannya, sehingga devisi kaligrafi memiliki disiplin keilmuan yang mampu mengantarkan anggotanya memenangkan berbagai event perlombaan di antaranya yaitu MTQ tingkat kabupaten Jember, tingkat Provinsi, bahkan tingkat Nasional, dan juga salah satu karya anggotanya sampai tembus dalam Pameran Kaligrafi Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta pada Tahun 2017. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah seni kaligrafi menggunakan metode taqlidy hamidi di Institute of Culture And Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember?; 2) Apa saja media seni kaligrafi menggunakan metode taqlidy hamidi di Institute of Culture And Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember?; 3) Bagaimana evaluasi metode taqlidy di Institute of Culture And Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember? Sedangkan tujuan penelitian adalah: untuk mendeskripsikan langkah-langkah, media, dan evaluasi seni kaligrafi menggunakan metode taqlidy hamidi di Institute of Culture and Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah field risearch yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh langsung dari responden dan mengamati secara langsung tugas-tugas yang berhubungan sesuai dengan prosedurnya. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, menyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil dari penelitian ini : (1) Langkah langkah pada metode taqlidy hamidiyang diterapkan di ICIS devisi kaligrafi yang pertama menulis“mufrodat dan yang kedua menyambung huruf “Tarkib” yang ketiga yaitu murosim ijazah.(2) Media yang digunakan pada devisi kaligrafi ICIS IAIN Jember yaitu: Pena, Kertas, tinta. (3) Evaluasi pada metode taqlidy hamidi memiliki beberapa acuan dalam proses evaluasi atau tashihnya yaitu: mizan “ukuran”, Busholah “kemiringan”, Garis, masafah atau jarak, bidahyah dan Nihayah, Sudut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:27
Last Modified: 17 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

View Item View Item