Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Probolinggo

Solecha, Siti (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Solecha_084 141 351.pdf

Download (29MB)

Abstract

Pendidikan mampu menanamkan karakter mulia bagi siswa. Pendidikan yang diharapkan adalah pendidikan yang dapat membawa bangsa menjadi bangsa yang maju dan mempunyai karakter. Kenyataan saat ini maraknya perubahan perilaku, kasus kenakalan dan kemerosotan moral pelajar karena memiliki karakter yang kurang baik dan memiliki kecenderungan untuk mengisi waktunya dengan kegiatan yang dapat merugikan kehidupan mereka, inilah alasan penting upaya terciptanya sistem yang menjadikan karakter sebagai poros utamanya. Karakter merupakan aktualisasi potensi dari dalam dan internalisasi nilai-nilai moral dari luar menjadi bagian kepribadiannya. Karakter merupakan nilai-nilai yang terpatri (sudah melekatkan) dalam diri melalui pendidikan, pola asuh, pengalaman, percobaan, pengorbanan, dan pengaruh lingkungan menjadi nilai intrinsik yang melandasi sikap dan perilaku. Pentingnya pembentukan karakter bangsa yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berperilaku baik. Karakter semacam ini dipercaya dapat meminimalkan perilaku yang kurang baik seperti kenakalan remaja, koruptif, manipulatif dan sebagainya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter bangsa yang baik adalah pendidikan, dengan internalisasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana program ekstrakurikuler yang dikembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Probolinggo dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada siswa? 2) Bagaimana dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembinaan karakter siswa di SMK Negeri 1 Probolinggo?. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Program ekstrakurikuler yang dikembangkan di SMKN 1 Probolinggo dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter siswa melalui pembiasaan rutin, spontan, keteladanan dan program masing-masing kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi ekstrakurikuler remaja masjid, ekstrakurikuler pramuka, ekstrakurikuler PMR dan ekstrakurikuler jurnalistik. 2) Kegiatan ekstrakurikuler memberikan dampak positif terhadap siswa bukan hanya di lingkungan sekolah melainkan di lingkungan keluarga, dampaknya yaitu secara internal maupun eksternal, dampak internal diantaranya: a)siswa dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, b)berakhlak mulia, c)memiliki sikap peduli sosial d)percaya diri e)disiplin f)menjaga kelestarian lingkungan, g) toleransi terhadap agama yang lain, h)meningkatkan keterampilan menulis dalam mengekspresikan hasil tulisan dan karya-karyanya. Dampak eksternal yang di rasakan oleh orang tua siswa karena berdampak langsung terhadap perilaku anaknya, diantaranya siswa melaksanakan Shalat lima waktu, berjiwa Qur’ani dengan membaca Al-Qur’an ketika selesai Shalat, melaksanakan puasa sunnah, perubahan siswa memakai jilbab ketika berada di rumah, memiliki akhlak mulia seperti membantu orang tua di rumah, sopan dan santun kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:27
Last Modified: 17 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22703

Actions (login required)

View Item View Item