Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling DalamMeningkatkan Behavioral Control Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019

Rohmatullah, Yuniar (2019) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling DalamMeningkatkan Behavioral Control Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuniar Rohmatullah P._084131194.pdf

Download (7MB)

Abstract

geri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019 Upaya yang dilakukanoleh guru bimbingan dan konseling banyak ragamnya, namun yang lebih dikenal dalam ilmu bimbingan dan konseling adalah upaya prefentif, upaya represif dan upaya kuratif. Dimana upaya upaya tersebut disusun sedemikian rupa untuk mengatasi permasalahan - permasalahan yang timbul pada diri siswa. Dimana dapat kita kategorikan sebagai tindakan pemahaman, tindakan pencegahan dan tindakan penyembuhan. Salah satu permasalahan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yakni kemampuan pengendalian diri (Self Control). Berangkat dari latar belakang di atas peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa di sekolah menengah pertama negeri 4 jember tahun ajaran 2018/2019.Sehingga dari masalah diatas peneliti merumuskan (1.) Bagaimana upaya preventif guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa di SMP negeri 4 Jember tahun ajaran 2018/2019. (2.) Bagaimana upaya kuratif guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa di SMP negeri 4 Jember tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah : (1.) Mendeskripsikan upaya preventif guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa di SMP negeri 4 Jember tahun ajaran 2018/2019. (2.) Mendeskripsikan upaya kuratif guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa di SMP negeri 4 Jember tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan Miles dan Huberman interaktif dan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber Adapun hasil penelitian yang didapat bahwa (1.) Upaya preventif guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa yakni :Memberikan materi mata pelajaran Bimbingan dan Konseling, Menasehati siswa apabila terjadi permasalahan yang tidak dapat diatasi oleh dirinya sendiri, Menyuruh kepada siswa agar tidak melanggar tata tertib disekolah, Mengingatkan kepada siswa mana yang salah dan mana yang benar, Memahami kekurangan dan kelebihan siswa, Mengamati tingkah laku siswa yang dulu mengalami permasalahan. (2.) Upaya kuratif guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan behavioral control siswa yakni :Memberikan solusi dari permasalahan yang di hadapi, Memberikan surat perjanjian sebagai tanda bukti kenakalan siswa, Memanggil orang tua apabila permasalahan siswa dirasa berat, Menskors siswa selama 3 hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:27
Last Modified: 17 Apr 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22705

Actions (login required)

View Item View Item