Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan BRI Unit Tamanan dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

Maulana, Achmad Ricko (2023) Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan BRI Unit Tamanan dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD RICKO MAULANA_E20191066.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Achmad Ricko Maulana, Ahmadiono, 2023: Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan BRI Unit Tamanan dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso.

Kata Kunci: Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan, Efektivitas, dan Produktivitas UMKM.

UMKM memiliki potensi yang sangat besar terhadap perekonomian negara. Suatu persoalan besar yang hingga saat ini masih sering dijumpai oleh para pelaku UMKM adalah sulitnya untuk mengakses permodalan. KUR Kemitraan merupakan salah satu program dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diberikan guna membantu dalam mengakses permodalan kepada masyarakat. Untuk bisa mengakses KUR Kemitraan, nasabah harus tergabung dalam desa binaan BRI yang disebut dengan Desa BRIliant. Salah satu desa di Bondowoso yang tergabung sebagai Desa BRIliant adalah Desa Mengen Kecamatan Tamanan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan BRI unit Tamanan dalam Meningkatkan produktivitas UMKM di Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso ?, 2) Bagaimana dampak dari penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan BRI unit Tamanan dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso ?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan BRI unit Tamanan dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak dari penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kemitraan pada BRI unit Tamanan dalam Meningkatkan Produktivitas UMKM di desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di BRI Unit Tamanan dan Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penyaluran KUR Kemitraan BRI Unit Tamanan sudah efketif karena BRI Unit Tamanan mampu merealisasikan target kuota KUR Kemitraan pertahun sebesar Rp200.000.000 di tahun 2022 selain itu penyalurannya juga sudah sesuai dengan indikator efektivitas. 2) Penyaluran KUR Kemitraan memiliki dampak positif dalam meningkatkan produktivitas UMKM di Desa Mengen sektor usaha sangkar burung. Peningkatan tersebut bisa dilihat dan diukur dari jumlah input usahanya yang lebih rendah daripada ouput usahanya, serta terdapat peningkatan jumlah produksinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Achmad Ricko Maulana
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:11
Last Modified: 18 Apr 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item View Item