Hubungan antara Hafalan Al-Qur'an dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Tahfidz SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Adawiyah, Robi Atul (2023) Hubungan antara Hafalan Al-Qur'an dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Tahfidz SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robi Atul Adawiyah_T20191009.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pada zaman modern ini sudah banyak lembaga pendidikan seperti sekolah atau madrasah yang menjadikan program Tahfidz Al-Qur’an sebagai program unggulan. Salah satu sekolah yang menerapkan program Tahfidzul Qur’an adalah SMP Plus Darus Sholah Jember. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdapat banyak materi-materi yang perlu untuk dihafalkan. Siswa yang menghafal Al-Qur’an akan lebih cepat dalam menangkap materi dan dalam menghafalkan materi-materi yang ada di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti daripada siswa yang tidak menghafalkan Al-Qur’an. Akan tetapi siswa yang tidak menghafalkan Al-Qur’an juga ada yang dengan mudah menghafalkan materi-materi, begitu pula sebaliknya. Jadi proses hafalan di kelas tahfidz tergolong cepat karena siswa dari kelas tahfidz sudah terbiasa dengan hafalan, meskipun ada juga siswa kelas tahfidz yang tidak memiliki kemampuan hafalan yang cepat.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa dan Budi Pekerti Siswa Tahfidz SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa dan Budi Pekerti Siswa Tahfidz SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas tahfidz yang berjumlah 160 siswa dan 100 siswa sebagai sampel penelitian yang didapatkan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment pada aplikasi SPSS versi 25.
Data sudah dinyatakan berdistribusi secara normal dan linear maka uji hipotesis yang dilakukan adalah dengan menggunakan pearson product moment. Sehingga ditemukan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 ≥ 0,05 maka artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Tahfidz SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai pearson correlation 0,317 yang menandakan terdapat korelasi yang lemah antara dua variabel. Adapun jenis hubungan antara variabel hafalan Al-Qur’an dengan variabel hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah bersifat positif. Maka jika hafalan Al-Qur’an naik maka hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa juga akan naik.
Kata Kunci: Hafalan Al-Qur’an dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robi Atul Adawiyah
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:24
Last Modified: 18 Apr 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22708

Actions (login required)

View Item View Item