Penerapan education management information system (EMIS) dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang tahun pelajaran 2022-2023

Fillah, Izza Afkarina (2023) Penerapan education management information system (EMIS) dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang tahun pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Izza Afkarina Fillah_T20193005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi saat ini yang membawa revolusi pendidikan. Sistem informasi manajemen pendidikan sebagai basis pengumpulan data di madrasah menggunakan EMIS. Adanya EMIS digunakan sebagai salah satu dasar utama dalam pengambilan keputusan, sehingga diharapkan semua data yang masuk menjadi lebih update dan akurat. Informasi yang akurat memberikan hasil pengambilan keputusan menjadi efektif dan efisien. Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang menerapkan sistem informasi manajemen pendidikan (EMIS) dalam proses pengambilan keputusan.

Penelitian ini mempunyai fokus penelitian, 1) Bagaimana penerapan education managemen information system (EMIS) dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang tahun pelajaran 2022-2023?. 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi pada penerapan education managemen information system (EMIS) dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang tahun pelajaran 2022-2023?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan EMIS dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang tahun pelajaran 2022-2023. 2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pada penerapan EMIS dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang tahun pelajaran 2022-2023.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu tiangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu 1) Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan (EMIS) dalam proses pengambilan keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Senduro Lumajang telah sesuai dengan juknis EMIS yaitu dengan tahap registrasi, login, update kelembagaan, update siswa lama, input siswa baru, update GTK, update sarpras, dan upload/download BAP. Dan proses pengambilan keputusannya yaitu dengan identifikasi masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pengambilan keputusan, dan perilaku pasca pengambilan keputusan. Seperti pada pengambilan keputusan pemerataan guru dan pemenuhan jam mengajar. 2) Faktor yang mempengaruhi penerapan EMIS dalam pengambilan keputusan yaitu, faktor pendukung dengan terjalin kerjasama yang baik antara operator dengan kepala madrasah dalam penerapan EMIS, fasilitas yang memadai seperti komputer dan jaringan internet, dan tersedianya buku panduan EMIS. Faktor penghambatnya yaitu terjadinya sistem error saat pengaplikasian EMIS dan data siswa tidak terbaca atau tidak muncul saat penginputan seperti NIK siswa.

Kata Kunci: EMIS, Pengambilan Keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Izza Afkarina Fillah
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:34
Last Modified: 18 Apr 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22710

Actions (login required)

View Item View Item