Manajemen Peserta Didik berbasis Single Sex Area di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.

Fadilah, Ayu Nur (2019) Manajemen Peserta Didik berbasis Single Sex Area di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Nur Fadilah_084 143 123.pdf

Download (10MB)

Abstract

Konsep manajemen peserta didik berbasis single sex area yang menjadi program MAN Bondowoso diharapakan dapat mengatasi kenakalan remaja saat ini, dengan penanaman budi pekerti yang baik dan terus disuguhkan batasan lakilaki dan perempuan menjadi dasar pemikiran diterapkannya single sex area. Landasan inilah yang menjadi tekad kuat MAN Bondowoso menerapkan sistem single sex area. Banyak kemungkinan jika hal itu tidak dilakukan mengingat pergaulan saat ini sangat menyimpang dari kaedah-kaedah norma dalam beragama dan berbudaya saling menghormati antara lawan jenis. Sehingga sedikit langkah kecil ini diharapkan mampu meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep perencanaan manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso. 2) Bagaimana pola pelaksanaan manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso. 3) Bagaimana model evaluasi manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana konsep perencanaan manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso. 2) Mendeskripsikan bagaimana pola pelaksanaan manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso. 3) Mendeskripsikan bagaimana model evaluasi manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu menentukan subjek/objek sesuai tujuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif miles and Huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, antara lain:1) konsep perencanaan manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso merupakan lanjutan dari single sex class yang merupakan pemisahan area siswa putra dan siswi putri. kebijakan tentang pemisahan area siswa dengan siswi yang dikomandoi langsung oleh kepala MAN Bondowoso priode 2001-2013 yakni Drs. KH. Imam Barmawi Burhan, dan single sex area berawal dari visi MAN Bondowoso yang salah satunya “berjiwa islami”.2) pola pelaksanaan manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso, dimulaidariroses pelaksanaan penerimaan peserta didik baru sampai proses pembelajaran dikelas yang bersifat single sex area,namunsingle sex area sementara ini masih berlaku untukruang lingkup siswa saja.3). model evaluasi manajemen peserta didik berbasis single sex area di MAN Bondowoso, evaluasi yang dilakukan setiap 1 minggu dan setiap tahun yang meliputi keberadaan siswa dan permasalahan terhadap siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22711

Actions (login required)

View Item View Item