Penguatan Pendidikan Karakter melalui Tim Afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rirdiaztutik, Hilda (2018) Penguatan Pendidikan Karakter melalui Tim Afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hilda Firdiaztutik_084 141 308.pdf

Download (21MB)

Abstract

dikan nasional yang berkaitan erat dengan berbagai program prioritas pemerintah. Dalam hal tersebut SD Al-Baitul Amien 02 Jember memiliki Tim Afeksi yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari guru. Tim afeksi ini menjadi tauladan bagi siswa-siswi lain yang non afeksi tidak hanya menjadi tauladan yang baik Tim Afeksi juga penegak kedisiplinan, membantu menjaga sikap siswa di luar dan di dalam jam pelajaran. dalam memilih tim afeksi ini harus memiliki kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan oleh waka kesiswaan selaku pembina tim afeksi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penguatan pendidikan karakter religius melalui tim afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember?, 2) Bagaimana penguatan pendidikan karakter disiplin melalui tim afeksi SD AlBaitul Amien 02 Jember?, 3) Bagaimana penguatan pendidikan karakter tanggung jawab melalui tim afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter religius melalui tim afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter disiplin melalui tim afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter tanggung jawab melalui tim afeksi SD Al-Baitul Amien 02 Jember. Untuk menjawab pertanyaan penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis penilitian lapangan (Field Reseach) deskriptif. Dalam pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penguatan pendidikan karakter religius yang dilakukan oleh Tim Afeksi dalam membantu guru dalam pembiasaan kegiatan keagamaan yakni: : a) pembiasaan Wudhu, b) sholat wajib berjamaah, c) sholat sunnah Dhuha, c) sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah, d) berdzikir setelah sholat, dan e) berjabatan tangan (berslaman). Sedangkan Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin melalui Tim Afeksi dapat dilihat dari segi kedisiplinnya yang ada di SD Al Baitul Amien 02 yakni dari: a) pembiasaan disiplin waktu, b) disiplin belajar, dan c) disiplin sosial. Untuk selanjutnya Penguatan Pendidikan Karakter tanggung jawab melalui Tim Afeksi ini dengan membiasakan Penanaman karakter tanggung jawab diaplikasikan dengan kewajiban dari Tim Afeksi yang mempunyai tugas besar dalam mengawasi dan memberikan contoh yang baik kepada temannya, itu adalah pembiasaan karakter tanggung jawab yang di terapkan pada SD Al Baitul Amien 02 untuk mensinergikan kepada semua siswa-siswi agar mencontoh sikap tanggung jawab yang di miliki oleh tim afeksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22712

Actions (login required)

View Item View Item