Implementasi Kurikulum Ekstrakurikuler Keagamaan untuk Mengembangkan Budaya Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Hamidah, Husniatul (2019) Implementasi Kurikulum Ekstrakurikuler Keagamaan untuk Mengembangkan Budaya Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Husniatul Hamidah_084143019.pdf

Download (42MB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan kepada peserta didik, harus bisa mengembangkan proses pengetahuan juga bakat dan minatnya. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam pelajaran dan dilaksanakan di kelas maupun diluar kelas. Dalam ekstrakurikuler ini ada ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Ekstrakurikuler pilihan ini diantaranya yaitu ekstrakurikuler keagamaan yang mana akan membantu peserta didik dalam mengembangkan budaya religi siswa, karena dalam pelaksanaanya banyak nilainilai religi yang terkandung di dalam ekstrakurikuler keagamaan ini. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan budaya religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pelakanaan kurikulum ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan budaya religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember tahun Pelajaran 2017/2018? (c) Bagaimana evaluasi kurikulum ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan budaya religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Jember. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah teknik observasi, wawancara, dan documenter. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan mennggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model fenomenologi yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikakn kesimpulan serta selanjutnya keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun temuan dari penilitian ini yaitu: (1) Perencanaan kurikulum ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan budaya religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018 meliputi 4 hal yaitu, a) merumuskan tujuan program ekstrakurikuler keagamaan, b) pihakpihak yang terlibat, c) pengadaan sarana dan prasarana, dan d) penyusunan jadwal pelaksanaan jadwal ekstrakurikuler keagamaan. (2) Pelaksanaan kurikulum ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan budaya religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018, terdapat 4 ekstrakurikuler diantaranya, a) al-banjari atau hadrah, b) tilawah atau MTQ, c) kajian keIslaman, dan d) memperingati hari-hari besar. (3) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan budaya religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018 dilakukan dengan proses; a). Sasaran nilai yang ditujukan kepada siswa memalui absensi dan memberikan tugas kepada siswa yang tidak mengikutinya b). Alat evaluasi yang digunakan berupa absensi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22713

Actions (login required)

View Item View Item