Pembelajaran al-qur'an melalui metode tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien jember tahun ajaran 2022/2023

uinkhasjember, cobaperpus (2023) Pembelajaran al-qur'an melalui metode tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien jember tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IRA ANGGRAINI_T20191303.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ira Anggraini, 2023. Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Pada Jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Tilawati.

Hasil pembelajaran yang kurang optimal, disebabkan dari penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga terdapat masalah-masalah disaat berlangsungnya proses pembelajaran seperti, santri mengantuk, tidak semangat, dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembelajaran. Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Baitul Amien Jember menggunakan Metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an, dengan harapan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an para santri dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran berkualitas dan lebih efektif.
Berdasarkan pernyataan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana hasil dari penerapan pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2022/2023?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, Saldana yang meliputi: 1) kondensasi data 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Temuan penelitian ini, yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember menggunakan 2 pendekatan yaitu klasikal dan individual, materi dalam satu kelas sama dan rata-rata umur santri 7-12 tahun. 2) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember, terdapat lima jenis evaluasi atau munaqosyah yaitu: Prestest, harian, jilid, privat dan evaluasi semester. 3) Hasil pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati pada jenjang TPA 6 di TPQ Al-Baitul Amien Jember dengan menerapkan Metode Tilawati murni dapat menjadikan santri lebih antusias dan semangat dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran, Hasil pembelajaran mengutamakan peningkatan kemampuan membaca dan pengusaan materi penunjang dengan tahapan materi pembelajaran, target pembelajaran, proses pembelajaran dan dengan jenis-jenis evaluasi yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan UIN Khas Jember
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:27
Last Modified: 18 Apr 2023 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22714

Actions (login required)

View Item View Item