Irawan, Imam Andik (2019) Penerapan Strategi Debat Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA 1 Di SMA Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Imam Andik Irawan_084 141 082.pdf Download (4MB) |
Abstract
Debat Aktif adalah latihan memahami pendapat orang lain yang berbeda dan barulah orang lain diharap bisa memahami. Proses debat dalam sesi ini adalah latihan meyakinkan pihak lawan dan memehami argumentasi lawan. Perdebatan pada dasarnya bukan mencari kemenangan dengan mengalahkan pihak lain, tetapi berargumen secara logis sehingga dapat diterima oleh pihak lain. Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasai diakhir kegiatan pembelajaran. Pendidikan SMA Negeri 1 Tanggul selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dituntut untuk selalu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. SMA Negeri 1 Tanggul menggunakan strategi Debat Aktif dalam upaya mengaktifkan peserta didiknya dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran strategi Debat Aktif pada pembelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Tanggul tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran strategi Debat Aktif pada pembelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Tanggul tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran strategi Debat Aktif pada pembelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Tanggul tahun pelajaran 2018/2019? Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran PAI menggunakan Debat Aktif meliputi perencanaan tujuan, materi, media, menyusun langkahlangkah, alokasi waktu, dan evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI meliputi pelaksanaan tujuan pembelajaran, pelaksanaan materi pembelajaran. Pada peretemuan pertama Debat Aktif yakni materi berbusana muslim dan muslimat cermin kepribadian dan keindahan, sedangkan pertemuan kedua yakni materi mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian. Media pembelajarannya sesuai yang ditulis pada RPP (Spidol, papan tulis, laptop dan LCD), langkah-langkah strateginya yaitu peserta di bagi menjadi dua kelompok “pro” dan “kontra” lalu memulai debat dan di akhiri dengan mengintegrasikan kelas seperti awal lagi, pelaksanaan alokasi waktu yang digunakan pada pertemuan pertama dan kedua 2x45 menit, pelaksanaan evaluasi pembelajaran evaluasi memberikan evaluasi formatif dimana nantinya peserta didik mengerjakan soal pilihan ganda, esai, portofolio dan non tes.3)Evaluasi pembelajaran PAI menggunakan Debat Aktif, yaitu evaluasi tujuan, penyampain materi,pengunaan media pembelajaran, penyusunan langkahlangkah strategi, alokasi waktu dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada akhir pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:09 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22716 |
Actions (login required)
View Item |