Pembelajaran Metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di Taman Pendidikan Al-Quran Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember

Wahyudiah, Laili Nur (2019) Pembelajaran Metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di Taman Pendidikan Al-Quran Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laili Nur Wahyudiah_084 141 136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar Al-Quran merupakan kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia. Namun banyaknya pengaruh-pengaruh teknologi misalnya HP, TV, Komputer sehingga minat belajar Al-Quran semakin sedikit bahkan menjadi langka. Di antara penyebab terjadinya hal ini adalah minimnya kebiasaan membaca Al-Quran, serta kurangnya kesadaran akan kelemahannya dalam ilmu tajwid, sehingga tidak ada daya tarik untuk berguru dalam mendalami ilmu tersebut. Oleh karena itu ada metode pembelajaran Al-Quran Dirosati dan Allimna. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Apakah materi pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di TPQ Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember Tahun 2018? 2) Bagaimana metode pembelajaran Al-Quran Dirosati dan Allimna di TPQ Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember Tahun 2018? 3) Bagiamana media pembelajaran Al-Quran Dirosati dan Allimna di TPQ Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember Tahun 2018?? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di TPQ Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember Tahun 2018. 2) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Al-Quran Dirosati dan Allimna di TPQ Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember Tahun 2018. 3) Untuk mendeskripsikan media pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di TPQ Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember Tahun 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verification). Hasil dari penelitian pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di Taman Pendidikan Al-Quran Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember adalah: 1) materi pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna mulai jilid 1-6 JIlid disertai materi penunjang. 2) Metode yang diterapkan dalam pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di Taman Pendidikan Al- Quran Hidayatul Murid dan Al-Hikmah Kabupaten Jember menggunakan metode klasikal untuk TPQ Hidayatul Murid dan TPQ Al-Hikmah menggunakan klasikal dan individual, 3) Media yang digunakan dalam pembelajaran metode Al-Quran Dirosati dan Allimna di Taman Pendidikan Al-Quran Hidayatul Murid dan Al- Hikmah Kabupaten Jember adalah media cetak berupa buku jilid dari metode Dirosati, buku jilid disertai buku penu jang, meja di sertai dengan tempat duduk, papan tulis, kapur tulis, dan penggaris. Sedangkan untuk metode Allimna media yang digunakan adalah media cetak berupa buku jilid disertai buku penu jang ,Meja, Kapur tulis,pensil, pulpen dan Microfon

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item