Pembelajaran Takhossus Kitab Kuning di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam An-nur Rambigundam Tahun Pelajaran 2017/2018.

Ummah, Shofiyah Khoirotul (2018) Pembelajaran Takhossus Kitab Kuning di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam An-nur Rambigundam Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofiyah Khoirotul Ummah_084141235.pdf

Download (3MB)

Abstract

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengenbangkan potensi dirinya untuk memiliki kekutan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara, proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peran utama, proses pembelajaran kitab kuning yang biasanya dilaksanakan disekolah non formal ( pondok pesantren), akan tetapi disekolah menengah pertama Islam an-nur Rambigundam dilaksanakan pembelajaran kitab kuning yang dilaksanakan waktu sekolah formal, sehingga dapat mencetat outcome yang religious. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran takhossus kitab kuning di SMP Islam An-nur Rambigundam tahun pelajaran 2017/2018?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran takhossus kitab kuning di SMP Islam An-nur Rambigundam tahun pelajaran 2017/2018?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran takhossus kitab kuning di SMP Islam An-nur Rambigundam tahun pelajaran 2017/2018? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajran takhossus kitab kuning yaitu: materi pembelajara, metode yang akan digunakan dan jadwal pelajaran yang telah ditentukan oleh sekolah. 2) pelaksanaan pembelajaran takhossus kitab kuning yaitu: Materi pembelajaran takhosus kitab kuning yang diajarkan di SMP Islam An-nur Rambigundam mulai dari kelas Satu, dua dan tiga adalah bab yang diambil dari buku pedoman pembelajaran takhosus kitab kuning atau buku saku diantaranya buku saku risalah nahwu dan buku saku risala sharaf, metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran takhossus kitab kuning menggunakan metode ceramah dan praktek, yang mana lebih menekankan pada praktek. 3) Evaluasi pembelajaran takhossus kitab kuning yaitu: Kuning Menekankan pada Tes Lisan yang dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung atau sebelum proses pembelajaran ditutup dan Tes tulis yang dilaksanakan saat melaksanakan ujian semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22721

Actions (login required)

View Item View Item