Hubungan Tanggung Jawab Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

khofifah, Siti Nur (2019) Hubungan Tanggung Jawab Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Khofifah_084144053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tanggung jawab orang tua adalah bagaimana upaya orang tua menjadi pendidik yang memberikan pengetahuan pada anak-anaknya dan memberikan sikap serta keterampilan yang memadai, memimpin keluarga dan mengatur kehidupannya, memberikan contoh sebagai keluarga yang ideal, bertanggung jawab dalam kehidupan keluarga, baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Suasana pendidikan keluarga ini sangat penting diperhatikan, sebab dari sinilah keseimbangan jiwa dalam perkembangan individu selanjutnya dilakukan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1. Adakah peran tanggung jawab orang tua di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember Tahun 20187/2019 ?, 2. Bagaimanakah prestasi akademik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2018/2019?, 3. Adakah hubungan tanggung jawab orang tua dengan prestasi siswa di Madrsah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember Tahun 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk Mendeskripsikan Tanggung Jawab Orang Tua dengan Prestasi Akademik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2018/2019. 2. Untuk Mendeskripsikan Prestasi Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2018/2019. 3. Untuk Mendeskripsikan Hubungan antara Tanggung Jawab Orang Tua dengan Prestasi Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2018/2019. Pada penelitian ini populasi sebanyak 189 dan responden sebanyak 128, saya mengambil sampel dengan metode stratified propotionate random sampling. Dan pengumpulan data melalui obervasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan statistik inferensial. Dengan metode kolerasional. Statistik inferensial dalam penelitian ini menggunakan Chi Square. Setelah diketahui harga Chi Kuadrat, kemudian untuk menguji kuat atau lemahnya hubungan dilanjutkan menggunakan rumus Contingency Coefficient dan Contingency Coefficient maximum. Hasil Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Tanggung jawab orang tua menunjukkan bahwa 48 siswa dengan persentase 37% memiliki tingkat kecerdasan kategori baik, 55 siswa dengan persentase 43% dalam kategori cukup, dan 25 siswa dengan persentase 20% dalam kategori kurang. Dapat dikatakan bahwa mayoritas oran tua siswa MIN 3 Jember memiliki tingkat tanggung jawab yang cukup baik. 2. Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menunjukkan bahwa 29 siswa dengan persentase 23% dalam kategori baik, 76 siswa dengan persentase 59% dalam ketegori cukup, dan 23 siswa dengan persentase 18% dalam kategori kurang. Dapat dikatakan bahwa mayoritas siswa MIN 3 Jember memiliki prestasi belajar yang cukup baik dalam pembelajaran tematik. 3. Ada korelasi antara tanggung jawab orang tua dengan prestasi belajar siswa. dan setelah dianalisis ternyata korelasinya tinggi yaitu bergerak antara 0,6 C < = 0,8 C .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:15
Last Modified: 18 Apr 2023 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22722

Actions (login required)

View Item View Item