Ibsya, Ainun Naim, (2019) Pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ainun Naim Ibsya_084 148 009.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur‟an adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertujuan untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur‟an. Metode yang digunakan di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Miftahul Hidayah Bangsalsari yaitu menggunakan metode Qiraati yang di susun oleh KH. Dachlan Salim Zarkasyi pada tahun 1963. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Apa materi pembelajaran AlQur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018?; 2) Bagaimana Langkah-langkah pembelajaran AlQur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018?; 3) Bagaimana penggunaan media pembelajaran AlQur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018?; 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan isi materi pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan AlQur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018; 2) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan AlQur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018; 3) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan AlQur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018; 4) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qiraati di Taman Pendidikan AlQur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di Taman Pendidikan AlQur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari Tahun 2018 yaitu: 1) isi materi pembelajaran AlQur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari kelas pra tk adalah pengenalan huruf hijaiyah dan warna, jilid satu pengenalan bacan huruf hijaiyah, jilid dua pengenalan bacaan panjang pendek, jilid tiga dan seterusnya membaca kalimat yang bertajwid; 2) Langkah-langkah pembelajaran Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari 15 menit membaca peraga secara klasikal 30 menit berikutnya individual santri maju ke ustadz atau ustadzah membaca buku Qiraati sesuai halaman pada jilidnya, 15 menit akhir membaca peraga melanjutkan peraga awal, 3) Penggunaan media di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari adalah membaca peraga dan membaca buku Qiraati; 4) Evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Miftahul Hidayah Bangsalsari adalah melalui tes ketika santri sudah hatam jilidnya dan lancar bacaannya serta hafal materi penunjangnya ustadz atau ustadzah mengantarkan santri ke kepala TPQ untuk naik ke jilid berikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:18 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22723 |
Actions (login required)
View Item |