Yuliati, Ani Kaifa (2019) Konsep Tripusat Pendidikan Persepektif Ki Hajar Dewantara Dan Abdurrahman An Nahlawi Tentang Kepribadian Anak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ani Kaifa Yuliati_084141095.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan sebagai kebutuhan pokok manusia tentu akan mengalami perkembangan, baik dari segi sistem, penjabaran teknis, strateginya termasuk teknologinya. Untuk mencapai pendidikan tersebut tentu tidak bisa terlepas dari lingkungan pendidikan. Yang dimana meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Ketiganya saling memberikan pengaruh bagi pertumbuhan anak dalam upaya mencapai kedewasaanya. Ketiga lingkungan pendidikan tersebut disebut dengan tripusat pendidikan. dengan hal tersebut peneliti berusaha menggali kembali pemikiran dua tokoh yaitu Ki Hajar Dewantara dan Abdurrahman An Nahlawi yang menjelaskan tentang tripusat pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep tripusat pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara tentang kepribadian anak? 2) Bagaimana konsep tripusat pendidikan perspektif Abdurrahman An Nahlawi tentang kepribadian anak? 3) Bagaimana perbedaan dan persamaan konsep tripusat pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Abdurrahman An Nahlawi? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan konsep tripusat pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara tentang kepribadian anak. 2) Mendeskripsikan konsep tripusat pendidikan perspektif Abdurrahman An Nahlawi tentang kepribadian anak. 3) Mendeskripsikan perbedaan dan persamaan konsep tripusat pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Abdurrahman An Nahlawi. Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dan jenis penelitian adalah Library research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi kemudian analisis dari penulisan ini adalah analisis komparatif. Selanjutnya keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, A) Konsep Tripusat Pendidikan Perspektif Ki Hajar Dewantara tentang kepribadian anak meliputi tiga. 1. Lingkungan keluarga , 2. Lingkungan sekolah, 3. Lingkungan masyarakat. Ketiganya merupakan hal penting dalam membentuk kepribadian anak, semua itu bisa dilihat dari semboyan yang di cetuskan “Ing Ngarsa Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”. B) Konsep Tripusat Pendidikan Perspektif Abdurrahman An Nahlawi tentang kepribadian anak meliputi 1. Lingkungan keluarga sebagai penanggung jawab utama terpeliharanya fitrah anak. 2. Lingkungan sekolah untuk mengembangkan segala bakat dan potensi manusia sesuai fitrahnya sehingga manusia terhindar dari penyimpangan-penyimpangan. 3. Lingkungan masyarakat sebagai wahana interaksi sosial bagi terbentuknya nilai-nilai keagamaan dan kemasyarakatan. C) Persamaan pemikiran dua tokoh tersebut yaitu terdapat pada lingkungan pendidikan yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkugan masyarakat. Adapun perbedaanya dari dua tokoh tersebut yaitu dari pengertian, kedudukan maupun metodennya mengenai tripusat pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:18 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22724 |
Actions (login required)
View Item |