Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Kelas VIII SMP As-Syafi'i Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023.

Khan, Dody Alfayed (2023) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Kelas VIII SMP As-Syafi'i Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DODY ALFAYED KHAN_T20191298.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dody Alfayed Khan, 2022: “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Kelas VIII SMP As-Syafi’I Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Model Pembelajaran Kontekstual

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti perlu adanya inovasi pembelajaran yang diawali dengan pendekatan belajar berpusat pada siswa atau student centered. Salah satu inovasi model pembelajaran PAI yang diterapkan pada tahun ajaran baru 2022/2023 di SMP As-Syafi’I Rambipuji yakni model pembelajaran Kontekstual dengan tujuan agar siswa aktif dan kritis.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Kontekstual di Kelas VIII SMP As-Syafi’I Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Kontekstual di Kelas VIII SMP As-Syafi’I Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Kontekstual di Kelas VIII SMP As-Syafi’I Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023?
Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran meliputi empat unsur yaitu, a) guru menentukan tujuan model Kontekstual dan tujuan kompetensi, b) guru menetapkan materi Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan, c) guru menetapkan model pembelajaran Kontekstual, d) guru memilih sumber belajar melalui buku dan memilih media pembelajaran dengan powerpoint dan video pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu, a) guru membuka pelajaran dengan pemberian motivasi, apresiasi, acuan, b) guru menyampaikan materi Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan melalui media power point dan video pembelajaran, c) guru menerapkan model pembelajaran Kontekstual sesuai dengan langkah model dan d) guru menutup pembelajaran dengan refleksi materi melalui tanya jawab, merangkum dan ditutup dengan doa serta salam. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan guru melalui observasi saat proses diskusi, presentasi dan mengamati bacaan Al-Quran siswa serta guru menilai dengan tes objektif bentuk pilihan ganda dengan hasil nilai siswa yang sempurna dan seluruh siswa mendapat nilai diatas Ketuntasan Belajar Minimal (KBM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dody Alfayed Khan
Date Deposited: 02 May 2023 01:21
Last Modified: 02 May 2023 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22727

Actions (login required)

View Item View Item