Penerapan Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Learning Management System (LMS) di SMAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Fauzi, Mujahidatuddinaria (2018) Penerapan Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Learning Management System (LMS) di SMAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mujahidatuddinaria Fauzi_084 141 145.pdf

Download (20MB)

Abstract

SMAN 1 Jember merupakan sekolah yang menggunakan sistem pembelajaran berbasis elektronik salah satunya evaluasi pembelajarannya yang menggunakan aplikasi Learning Management System (LMS). Sekolah ini menggunakan evaluasi berbasis aplikasi Learning Management System (LMS) sejak tahun 2016. Learning Management System (LMS) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan resources multimedia secara online, mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya, memfasilitasi interaksi, komunikasi, kerjasama antar pengajar dan peserta didik. Fokus Penelitiannya adalah : 1) Bagaimana perencanaan penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System di SMAN 1 Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System di SMAN 1 Jember?, 3) Bagaimana evaluasi penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System di SMAN 1 Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitia deskriptif dan penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model Miles and Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System meliputi adanya penjadwalan pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI berbasis LMS, guru merangkai soal sesuai dengan kisi-kisi yang kemudian diinput ke dalam LMS, sistem fiturnya melakukan tahapan seperti merancang desain sistem, melakukan pengkodean, dan mengisi bahan ajar maupun menyiapkan fitur-fitur lainya. 2) Pelaksanaan penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System meliputi guru atau siswa harus memiliki akun untuk masuk pada aplikasi LMS, memilih kategori mata pelajaran yang diujikan, evaluasi tersebut diberi batasan waktu untuk mengerjakan sehingga jika waktu telah habis akun LMS tidak bisa di akses lagi. 3) Mengenai evaluasi penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System. sekolah belum pernah melakukan evaluasi secara resmi karena penerapan evaluasi pembelajaran PAI berbasis Learning Management System ini berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:54
Last Modified: 18 Apr 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22729

Actions (login required)

View Item View Item