Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Al-Falah di Lembaga Kursus Al-Qur’an Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya Tahun 2018

Mafahir, Nilna Laili (2019) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Al-Falah di Lembaga Kursus Al-Qur’an Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nilna Laili Mafahir_084141123.pdf

Download (11MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, namun kondisinya memperihatinkan, terutama dalam hal kemampuan membaca al-Quran. Dari sekitar 225 juta muslim, sebanyak 54% di antaranya termasuk kategori buta huruf al-Quran. Hal itu terungkap dalam seminar gerakan melek huruf al-Quran yang berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten Bandung, Rabu 13 Desember 2017. Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama Bappeda kabupaten Bandung dengan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Tajul Arifin mengungkapkan berdasarkan data secara Nasioanal yang dihimpun UIN Sunan Gunung Djati, pada tahun 2015, sedikitnya 54% muslim indonesia terkategori buta huruf al-Quran. Oleh karena itu pembelajaran metode Al-Falah menjadi alternatif untuk mengatasi buta huruf baca tulis alQur’an. Fokus penelitiannya adalah: 1. Apa saja materi pembelajaran baca tulis alQur’an menggunakan metode Al-Falah di lembaga kursus al-Qur’an yayasan masjid Al-Falah Surabaya Tahun 2018?, 2. Bagaimana metode pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Al-Falah di lembaga kursus al-Qur’an yayasan masjid Al-Falah Surabaya Tahun 2018?, 3. Apakah media yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode AFalah di lembaga kursus al-Qur’an yayasan masjid Al-Falah Surabaya Tahun 2018?, 4. Bagaimana evaluasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Al-Falah di lembaga kursus al-Qur’an yayasan masjid Al-Falah Surabaya Tahun 2018? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus yakni jenis penelitian yang digunakan untuk mengeksplorasi secara mendalam terhadap program kejadian, proses, aktivitas satu orang atau lebih. Hasil penelitian disimpulkan:1. materi pembelajaran baca tulis metode AlFalah jilid 1 sampai 4. . Isi buku satu berisi huruf tunggal hijaiyyah dan huruf sambung, dan pengenalan tentang harokat seperti fathah, kasroh dan dhummah.. Jilid 2 mengenal bacaan panjang 2 harakat, layyin, huruf bersukun dan huruf qolqolah. Memasuki jilid ke 3 santri mempelajari materi tasydid dan waqof. Di jilid 4, materi yang ada di jilid 4 ini seperti ghunnah, ikhfa’, bacaan fawatikus suwar dan Musykilat. 2. Pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode Al-Falah Suarabaya adalah metode klasikal dan individual. 3. Media pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Al-Falah adalah media cetak yang berupa buku jilid dari metode Al-Falah, meja kecil dan media sosial WhatsApp 4. Evaluasi pembelajaran baca tulis metode Al-Falah adalah evaluasi sumatif, yakni evaluasi yang dilaksanakan ketika proses pembelajaran sudah berakhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:54
Last Modified: 18 Apr 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item