Upaya Kyai Dalam Membangun Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Islam Klasik Akhlak di Pondok Pesantren AIDA (Awwalu Ihya’i Daril Amanah) Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Islami, Noer Achmad Chikmi (2015) Upaya Kyai Dalam Membangun Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Islam Klasik Akhlak di Pondok Pesantren AIDA (Awwalu Ihya’i Daril Amanah) Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Noer Achmad Chikmi Islami_084 113 006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perjalanan sejarah pondok pesantren mempunyai peran penting yaitu sebagai lembaga keagamaan yang berorientasi tafaqquh fiddin, kemudian sebagai lembaga sosial kemasyarakatan artinya pondok pesantren dengan figur kyai yang memiliki kelebihan mendapat kepercayaan masyarakat menjadi aktor menyelesaikan problem-problem kemasyarakatan juga sebagai lembaga pendidikan islam di indonesia menjadi sub sistem pendidikan nasional. Fokus penelitian adalah bagaimana upaya kyai dalam membangun akhlak santri di pondok pesantren Awwalu Ihya’i Daril Amanah melalui pembelajaran kitab islam klasik Akhlak Desa Kedungsuko Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembahasannya meliputi Bagaimana Upaya Kyai Dalam Membangun Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Islam Klasik Akhlak di Pondok Pesantren AIDA Awwalu Ihya’i Daril Amanah Desa Kedungsuko Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Tujuannya yang ingin mengetahui dan Untuk mendiskripsikan bagaimana Upaya Kyai Dalam Membangun Akhlak Santri kapada Allah dan sesama santri di Ponpes AIDA Awwalu Ihya’i Daril Amanah Melalui Pembelajaran Kitab Islam Klasik Akhlak Bangsalsari-Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumenter. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriftif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan, yang Pertama, pembelajaran kitab islam klasik Akhlak merupakan proses pembelajaran yang ada di pondok pesantren Awwalu Ihya’i Daril Amanah yang berperan aktif dalam membangun akhlak khususnya bagi santri disamping itu santri diupayakan untuk memprektekkan langsung ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari santri sepeti kegiatan ubudiyah santri dan kegiatan sosial. Sehingga dapat dikatakan upaya kyai dalam membangun akhlak santri melalui kitab islam klasik Akhlak sudah optimal dalam penerapannya Kedua, Upaya kyai dalam membangun akhlak santri kepada allah yaitu tentang ikhlas dan sabar di pondok pesantren melalui Pembelajaran Kitab Islam Klasik Akhlak di Pondok pesantren AIDA (Awwalu Ihya’i Daril Amanah) yang disampaikan oleh pengasuh (kyai) sendiri tentang materi yang terkandung dalam kitab klasik/kitab kuning yang dipelajari dan diupayakan untuk diterapkan dalam kegiatan ubudiyah santri yang dilaksanakan setiap harinya seperti sholat berjamaah, sebagai bentuk akhlak santri kepada allah. Ketiga, Upaya kyai dalam membangun akhlak santri kepada sesamanya melalui sistem pembelajaran kitab islam klasik Akhlak di Pondok pesantren AIDA (Awwalu Ihya’i Daril Amanah) yang di dalamnya berisi materi tentang akhlak seterusnya diimplementasikan kepada kehidupan sehari-hari seperti membiasakan “mushofahah” salaman, tolong menolong dalam hal kerjabakti (ro’an) dan berupa kegiatan bimbingan santri senior kepada junior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:54
Last Modified: 18 Apr 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22731

Actions (login required)

View Item View Item