“Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning (Studi Di Pesanren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pesantren Puncak Darussalam, Dan Pesantren Salafiyah Syafi`iyah Sukorejo Situbondo)

Aziz, Abdul (2021) “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning (Studi Di Pesanren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pesantren Puncak Darussalam, Dan Pesantren Salafiyah Syafi`iyah Sukorejo Situbondo). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Aziz_0841915027.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Kitab Kuning Perkembangan pesantren saat ini terus berjalan dengan baik, dengan bukti lapangan yang memberikan beberapa kemudahan bagi para santri atau peserta didik dalam proses pembelajarannya, khususnya pembelajaran kitab kuning yang menjadi khas keilmuan pesantren. Para santri tidak harus menunggu lama untuk bisa dan memiliki kemampuan baca kitab denngan pemahamannya, sebab dengan implementasi pembelajaran kitab kuning kitab kuning seperti di Pesanren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pesantren Puncak Darussalam, Dan Pesantren Salafiyah Syafi`iyah Sukorejo Situbondo, belajar kitab kuning dengan mudah dan cepat dalam waktu rata-rata 1 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis temuantemuan data yang telaha ditetapkan dalam fokus penelitian, yang antara lain, 1) Bagaimana tujuan implementasi pembelajaran melalui metode belajar baca kitab kuning di pesantren. 2) Bagaimana strategi implementasi pembelajaran melalui metode belajar baca kitab kuning di pesantren. 3) Bagaimana model evaluasi implementasi pembelajaran kitab kuning di pesantren, dengan pendekatan kualitatif, data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melalui proses pengumpulan data, analisis data, dan mendiskusikan dengan teori yang relevan, dapat disimpulkan bahwa, pertama, tujuan implementasi pembelajaran kitab kuning diantaranya tujuan utama untuk memberikan dasar-dasar ilmu mempelajari kita kuning melalui tata bahasa secara nahwiyah dan sharfiyah, dan bertujuan khusus untuk mempermudah santri melalui metode belajar baca kitab yang di bentuk dalam beberapa bagian jilid atau juz, serta untuk mempercepat santri bisa membaca dan memahami kitab kuning. Kedua, Strategi Implementasi pembelajaran kitab kuning di pesantren dengan mengilementasikan strategi pembelajaran tuntas dan akselerasi, dengan modelLpembelajaran kelompok dan metode Nubdzatul Bayan, Iktisaf dan AlKassyaf, serta metode Amsilati, dengan sitem hafalan, diskusi, penugasan dan latihan dalam proses pembelajaran. Ketiga, Untuk modelLevaluasi yang bisa dijadikan sebagai upaya untuk mengetahui hasil implimentasi pembelajaran kitab kuning dapat mengunakan modelLevaluasi internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:54
Last Modified: 18 Apr 2023 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22738

Actions (login required)

View Item View Item