Pengaruh suku bunga the federal reserve system (The Fed) dan nilai tukar rupiah terhadap profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bank umum milik negara periode 2020-2022

Maisah, Siti Pengaruh suku bunga the federal reserve system (The Fed) dan nilai tukar rupiah terhadap profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bank umum milik negara periode 2020-2022. Pengaruh suku bunga the federal reserve system dan nilai tukar rupiah terhadap profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bank umum milik negara periode 2020-2022.

[img] Text
SITI MAISAH WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Maisah, 2023: Pengaruh suku bunga The Fed, Nilai Tukar Rupiah terhadap profitabilitas Perbankan yang terdaftar di Bank Umum Milik Negara periode 2020-2022.

Suku bunga acuan merupakan tingkat persentase yang ditentukan dan ditetapkan oleh Bank Sentral sebagai acuan produk pinjaman dan simpanan bank atau lembaga keuangan lainnya. Pergerakan tingkat suku bunga sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi negara, oleh karena itu, penelitian ini bertujauan untuk mengetahui pengaruh suku bunga The Fed dan nilai tukar rupiah terhadap profitabilitas perbankan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan populasi Bank konvensional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. data yang dikumpulkan data sekunder dengan tiga hipotesis yang diformulasikan dan diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa tingkat suku bunga The Fed berpengaruh terhadap ekonomi negara, dikarenakan kebijakan tersebut akan mengakibatkan bank sentral Indonesia juga akan menaikkan suku bunganya sehingga akan berdampak terhadap perolehan profitabilitas perbankan. Sedangkan untuk tingkat nilai tukar rupiah tidak memiliki pengaruh terhadap perolehan profitabilitas perbankan karena tingkat nilai tukar rupiah pergerakannya sangat fluktuatif. Untuk menjaga kestabilan profitabilitas, perbankan perlu memperhatikan laju kebijakan dan tingkat suku bunga luar negeri maupun dalam negeri untuk memanajemen profitabilitas perbankan dimasa yang akan datang.

Kata kunci: Suku Bunga, Nilai tukar rupiah, Profitabilitas Perbankan.

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Depositing User: Maisa Maisa Siti Maisah
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:15
Last Modified: 18 Apr 2023 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22740

Actions (login required)

View Item View Item