Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS A dalam memahami materi jaringan tumbuhan di SMA Asy-Syuja'i Rambipuji Jember

Zahro, Fatimatus (2023) Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS A dalam memahami materi jaringan tumbuhan di SMA Asy-Syuja'i Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatus Zahro _ T20188083.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fatimatus Zahro, 2023: Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS A Dalam Memahami Materi Jaringan Tumbuhan Di SMA Asy-Syuja’i Rambipuji Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa saja kesulitan belajar siswa kelas XI IPS A dalam memahami materi jaringan tumbuhan di SMA Asy-Syuja’i Rambipuji Jember? (2) Bagaimana penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI IPS A dalam memahami materi jaringan tumbuhan di SMA Asy-Syuja’i Rambipuji Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan kesulitan belajar siswa kelas XI IPS A dalam memahami materi jaringan tumbuhan di SMA Asy-Syuja’i Rambipuji Jember. (2) Menjelaskan dan mendeskripsikan penyebab kesulitan belajar siswa Kelas XI IPS A dalam memahami materi jaringan tumbuhan di SMA Asy-Syuja’i Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian yang dilakukan berbentuk deskriptif yakni suatu metode pada sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, dan suatu pemikiran. Tujuan dari jenis penelitian ini yaitu untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, akurat mengenai sifat-sifat dan faktual serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yang dipilih secara acak memakai teknik purposive sampling, dimana cara pengambilan sampel sebagai sumber data dilaksanakan dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket pada peserta didik.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Kesulitan belajar biologi materi jaringan tumbuhan yang dialami oleh siswa kelas XI IPS A SMA Asy-Syuja’i Rambipuji dapat dilihat dari penguasaan beberapa sub materi jaringan dewasa. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa sebagian besar dikarenakan pada materi jaringan tumbuhan terdapat banyak sub bab yang harus dipelajari dan nama-nama ilmiah yang sulit untuk dihafalkan seperti bagian-bagian pada jaringan dewasa. Disisi lain kesulitan belajar siswa dalam memahami materi jaringan tumbuhan dikarenakan tingkat pemahaman dan daya ingat siswa berbeda-beda antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. kesulitan belajar siswa kelas XI IPS A di SMA Asy-syuja’i Rambipuji Jember dengan kategori tinggi sebanyak 7 siswa dengan persentase 53,9%, dan untuk kategori sedang sebanyak 6 siswa dengan persentase 46,1%. (2) faktor internal siswa kelas XI IPS A di SMA Asy-syuja’i Rambipuji Jember dengan kategori tinggi sebanyak 3 siswa dengan persentase 23,0%, kategori sedang sebanyak 8 siswa dengan persentase 61,6%, dan untuk kategori rendah sebanyak 2 siswa dengan persentase 15,4%. (3) faktor eksternal siswa kelas XI IPS A di SMA Asy-Syuja’i Rambipuji Jember dengan kategori tinggi sebanyak 7 siswa dengan persentase 53,9%, dan untuk kategori sedang sebanyak 6 siswa dengan persentase 46,1%.
Kata kunci : Kesulitan Belajar, Faktor Internal dan Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fatimatus Fatim Zahro
Date Deposited: 02 May 2023 00:54
Last Modified: 02 May 2023 00:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22770

Actions (login required)

View Item View Item