Pengaruh penggunaan Model Team Games Tournament dengan media quetion card terhadap hasil belajar tematik siswa MIMA 56 Salafiyah Syafi'iyah Tempurejo tahun pelajaran 2022/2023

Shihab, Alfinas (2023) Pengaruh penggunaan Model Team Games Tournament dengan media quetion card terhadap hasil belajar tematik siswa MIMA 56 Salafiyah Syafi'iyah Tempurejo tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfinas Shihab_T20194028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alfinas Shihab, 2023: Pengaruh Penggunaan Model Team Games
Tournament dengan Media Quetion Card Terhadap Hasil Belajar Tematik
Siswa MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Model Team Games Tournament; Media Quetion Card;
Tematik
Pembelajaran tematik memiliki prinsip yang menempatkan siswa
sebagai pusat dalam pembelajaran. Namun berdasarkan hasil wawancara
bersama wali kelas IV dan dari hasil observasi non partisipan di kelas IV
MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo, ditemukan bahwa guru masih
menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran
tematik masih berpusat pada guru. Dari kenyataan tersebut menjadikan siswa
kurang aktif dalam pembelajaran karena tidak sesuai dengan prinsip
pembelajaran tematik itu sendiri. Maka akibat yang ditimbulkan menjadi
masalah bagi wali kelas IV, yakni dari hasil dokumentasi ditemukan bahwa
hasil belajar tematik siswa kelas IV kurang memenuhi KKM. Oleh karena itu,
peneliti menggunakan model Team Games Tournament dengan media
quetion card yang dapat membantu siswa dalam memahami materi yang
diajarkan dengan menempatkan mereka sebagai pusat pembelajaran, sehingga
pembelajaran dapat belangsung sesuai dengan prinsip pembelajaran tematik
serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa nantinya.
Rumusan masalah pada penelitian ini ada dua, (1) Apakah penggunaan
model Team Games Tournament dengan media quetion card mempengaruhi
hasil belajar tematik siswa MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo tahun
pelajaran 2022/2023?, (2) Apakah terdapat peningkatan yang signifikan
antara hasil belajar tematik siswa sebelum dan sesudah menggunakan model
Team Games Tournament dengan media quetion card di MIMA 56 Salafiyah
Syafi’iyah Tempurejo tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini juga
ada dua, (1) Menganalisis adanya pengaruh model Team Games Tournament
dengan media quetion card terhadap hasil belajar tematik siswa di MIMA 56
Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo tahun pelajaran 2022/2023, (2) Menganalisis
peningkatan antara hasil belajar tematik siswa sebelum dan sesudah
diterapkan model Team Games Tournament dengan media quetion card di
MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen dan bentuk desain yang digunakan adalah preeksperimental one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo
tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV yang berjumlah 30 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
dokumentasi, kepustakaan dan tes. Penelitian ini menggunakan uji instrumen
validitas dan reliabilitas tes, kemudian melakukan uji prasyarat hipotesis
dengan uji normalitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis yakni uji paired sample t-test dengan uji N-Gain. Perhitungan data analisis statistika
menggunakan statistika inferensial dengan bantuan software IBM SPSS
Statistic version 21 for window.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji paired sample t-test
didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,00 ˂ 0,05 yang menunjukkan
bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar tematik sebelum dan
sesudah menggunakan model Team Games Tournament dengan media
quetion card. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team
Games Tournament dengan media quetion card mempengaruhi hasil belajar
tematik siswa MIMA 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo tahun pelajaran
2022/2023. Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran tersebut
diperkuat dengan hasil uji N-Gain yang menunjukkan terdapat peningkatan
hasil belajar tematik siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model
Team Games Tournament dengan media quetion card di MIMA 56 Salafiyah
Syafi’iyah Tempurejo tahun pelajaran 2022/2023 yaitu peningkatannya
sebesar 0,5694 dengan kategori peningkatan hasil belajar yang sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfinas Shihab
Date Deposited: 02 May 2023 02:42
Last Modified: 02 May 2023 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item View Item