PRAKTEK RENT SEEKING DALAM PROYEK JALAN PENGADAAN LANGSUNG DI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016-2017

Zahriyah, Aminatus and Parmono, Agung and Suprianik, Suprianik (2019) PRAKTEK RENT SEEKING DALAM PROYEK JALAN PENGADAAN LANGSUNG DI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016-2017. Al - Iqtishadi, 6 (1). pp. 109-116. ISSN 2407-7577

[img] Text
Jurnal 2019.pdf

Download (578kB)

Abstract

Rent seeking ini terjadi dalam kerjasama yang sinergis antara oknum pengusaha bermodal domestik maupun asing dengan birokrat atau pejabat yang memiliki akses perizinan dan birokrasi, fasilitas wilayah dan proteksi dari pengusaha lain. Pengusaha memperoleh keuntungan berupa sumber daya murah, akses atas informasi yang mudah dan kebijakan yang berpihak pada pengusaha. Menurut penelitian Bank Dunia dalam periode 2005 – 2011, penganggaran negara terhadap pembangunan jalan di Indonesia adalah sekitar 40% dari total anggaran belanja infrastruktur. Akan tetapi anggaran yang besar itu kurang optimal dalam pelaksanaannya. Berdasar hal-hal yang diuraikan di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan pada penelitian ini adalah:1). Biaya transaksi apa saja yang terdapat pada proses pembangunan jalan di Kabupaten Jember?; 2). Bagaimana pola-pola korupsi yang muncul di dalam mekanisme rentseeking pada proses pembangunan jalan di Kabupaten Jember?.
Ditinjau dari jenis datanya pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah, Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa praktek rentseeking pada proyek pengadaan jalan diKabupaten Jember telah merugikan banyak pihak baik para pihak kontraktor, pihak pemerintah sendiri, dan juga masyarakat, karena dengan adanya praktek rent seeking kualitas jalan tidak sesuai dengan yang seharusnya.
Kata Kunci: Rent seeking

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aminatus Zahriyah
Date Deposited: 02 May 2023 00:27
Last Modified: 02 May 2023 00:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item