Implementasi Metode Dakwah Dalam Menanamkan Akhlak Remaja Di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.

Fitroh, Afin Jaenul (2020) Implementasi Metode Dakwah Dalam Menanamkan Akhlak Remaja Di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afin Jaenul Fitroh_T20151238.pdf

Download (23MB)

Abstract

Pentingnya peranan Majelis Nurul Ishlah yang berdiri ditengah-tengah masyarakat sebagai wadah remaja berkumpul sekaligus membahas ilmu agama. Kegiatan Majelis Nurul Ishlah yang dilaksakan pada malam minggu setidaknya dapat mengurangi hal-hal negatif remaja pada umumnya disaat malam minggu tiba. Karena di zaman sekarang remaja sudah mengalami krisis akhlak. Berbagai perilaku negatif yang mereka lakukan pada malam minggu seperti: nongkrong di pinggir jalan dengan hura-hura sambil miras, keluar malam antara anak laki-laki dan perempuan yang bukan makhrom hingga menimbulkan keresahan dan kekawatiran terhadap orang tua. Dengan adanya kejadian seperti hal tersebut, maka dari sinilah pentingnya majelis Nurul Ishlah sebagai wadah remaja dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Implementasi Metode Dakwah Dalam Menanamkan Akhlak Remaja Di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana implementasi metode dakwah dalam menanamkan Akhlak remaja di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. (2) Bagaimana implementasi kebiasaan ustad Lukman Fauzi dalammenanamkan akhlak remaja di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. (3) Bagaimana implementasi keteladanan ustad Lukman Fauzi dalam menanamkan akhlak remaja di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) implementasi metode dakwah dalam menanamkan akhlak remaja di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember yakni ustad Lukman Fauzi menggunakan metode ceramah. Sedangkan berdakwah dengan Mau’idzatul Hasanah. (2) implementasi kebiasaan ustad Lukman Fauzi dalam menanamkan akhlak remaja di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember adalah beliau membiasakan kepada jamaah untuk membaca surat Tabarok dan Ratibul Hadad sebelum acara dimulai, membaca tawasul, melantunkan shalawat Nabi, membaca doa akhir majelis, serta membaca doa sebelum dan sesudah makan saat ramah tamah. (3) implementasi keteladanan ustad Lukman Fauzi dalam menanamkan akhlak remaja di Majelis Nurul Ishlah Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember adalah beliau senantiasa memberikan contoh kepada jamaah dengan cara mengucapkan salam dan berjabat tangan saat datang dan pulang di majelis, menghindari perkataan yang tidak ada faedahnya, duduk dengan tenang di majelis ilmu, istiqomah, dan sabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 01:40
Last Modified: 02 May 2023 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item View Item