PENERAPAN HIPNOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA

Lisnawati, Agustin (2020) PENERAPAN HIPNOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agustin Lisnawati_D20163077.pdf

Download (8MB)

Abstract

Agustin Lisnawati, D20163077 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hipnoterapi dalam proses meningkatkan motivasi belajar, dan untuk mengetahui makna penerapan hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rasa tertarik peneliti terhadap hipnoterapi dan rasa prihatin peneliti terhadap remaja yang memiliki motivasi belajar rendah, dilihat dari kurangnya fokus dan tingkat perhatian terhadap penyelesaian tugas-tugas yang diterimanya. Secara singkat hipnoterapi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari sugesti positif sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, serta perilaku dengan menggunakan bahasa komunikasi positif terhadap pikiran. Dalam hal ini hipnoterapi menjadi salah satu media penunjang pembelajaran yang diterapkan di salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri di daerah Besuki, penerapan hipnoterapi ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja sehingga remaja mampu mencapai hasil yang optimal. Motivasi belajar merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam tahap perkembangan remaja, yang mana pada tahap remaja ini perlu adanya pemantauan berkelanjutan terhadap motivasi belajarnya, sehingga penyimpangan yang terjadi bisa direduksi. Motivasi belajar pada remaja ini terdiri dari dua unsur yang diantaranya adalah motivasi instrinsik atau motivasi yang berasal dari dalam diri dengan kondisi sadar untuk melakukan pembelajaran dan motivasi ekstrinsik yakni motivasi yang berasal dari dorongan diluar dari dirinya bisa berupa reward, maupun penguatan dan lain sebagainya. Berkaitan dengan penerapan hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar pada remaja, dalam hal ini peneliti mengangkat dua fokus permasalahan yang diantaranya, Pertama : Bagaimana penerapan hipnoterapi dalam proses meningkatkan motivasi belajar pada remaja?. Kedua : Bagaimana pemaknaan hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar pada remaja?. Metode penelitian dalam hal ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Perolehan data didapatkan berdasarkan data primer dan data sekunder dengan mengolah data menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teknik Triangulasi metode. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang dengan 1 orang guru ahli hipnoterapi dan 2 orang remaja. Hasil dari penelitian ini diantaranya, pertama : hipnoterapi menjadi media dalam meningkatkan motivasi belajar pada remaja dengan basis sugesti kata-kata positif, Kedua : penggunaan hipnoterapi dinilai efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja karena remaja merasa lebih ringan dari beban, merasa kembali bersemangat untuk memulai pembelajaran kembali. Kata Kunci : Hipnoterapi, Motivasi Belajar, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 06:42
Last Modified: 02 May 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item View Item