Manifesto Nalar Fiqh Islam Indonesia

Faiz, Muhammad Fauzinudin, ed. (2020) Manifesto Nalar Fiqh Islam Indonesia. Penerbit Pustaka Ilmu, Yogyakarta. ISBN 978-623-7066-62-0

[img] Text
Manifesto Nalar Fiqh Islam Indonesia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku beragama yang melekat kuat dalam kehidupan komunitas muslim, hakikatnya merupakan personifikasi atau penjelmaan institusional yang mempersentasikan mazhab atau golongan tertentu. Perilaku yang muncul dalam praktek keberagamaan bukan semata-mata hasil pemahaman individu terhadap sumber ajaran Islam, yakni Qur’an dan Sunnah, melainkan tidak dapat terlepas juga dari faktor genetis, ideologis, politis, sosio-antropologis dan intelektualitas yang telah dibangun secara turun temurun.
Sebagaimana dalam Islam yang merupakan agama yang universal, penerimaan individu dan masyarakat terhadap Islam memang sering melibatkan perubahan struktur asli, kelompok atau komunitas tertentu. Kenyataan inilah yang kemudian menciptakan perbedaan dan keragaman dalam tingkat hubungan antara kelompok entitas dan komunitas-komunitas yang lain.
Seperti halnya perilaku beragama dalam komunitas muslim di Indonesia, sebut saja misalnya Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyyah (MD) dan Persatuan Islam (PERSIS). Tiga organisasi ini yang menempati urutan komunitas sosial- keagamaan terbesar di Indonesia dengan basis terbanyak di Jawa; Jawa timur dengan basis NU-nya, Jawa tengah dengan basis Muhammadiyyah dan Jawa barat dengan basis PERSIS-nya.
Kerangka epistimologi pemikiran dua organisasi teratas (NU- Muhammadiyyah) sudah cukup sering keluar masuk penerbitan. Ada banyak pakar dan akademisi, baik dari dalam (insider) dan luar (outsider) yang berlomba-lomba menuliskannya. Namun tidak dengan Persatuan Islam (PERSIS) ini. Penulisnya, Dr. Rafid Abbas, MA., ini satu dari segilintir yang dengan apik menuliskan serpihan-serpihan secara mendalam tentang kerangka tersebut. Diteliti dan ditulis dengan mengfokuskan kajiannya dalam kurun waktu 13 tahun (1996-2009). Fokus kajiannya pada pemetaan pada produk kajian pemkikiran PERSIS., diulas dengan komprehensif dan tentu dengan catatan tajam-kritis.

Item Type: Book
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Muhammad Fauzinudin Faiz
Date Deposited: 02 May 2023 06:38
Last Modified: 02 May 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22825

Actions (login required)

View Item View Item