Strategi Peningkatan.Usaha Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Melalui Penguatan..Capacity Building di PT. PNM Mekaar Cabang Krejengan Kabupaten Probolinggo

Fauzi, Ahmad (2021) Strategi Peningkatan.Usaha Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Melalui Penguatan..Capacity Building di PT. PNM Mekaar Cabang Krejengan Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fauzi_E20171177.pdf

Download (4MB)

Abstract

Capacity building adalah pembangunan keterampilan (skill) dan kemampuan, seperti..kepemimpinan manajemen..keuangan dan pencarian dana, program dan.evaluasi, supaya pembangunan organisasi efektif.dan berkelanjutan. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana strategi PNM Mekaar cabang krejengan dalam meningkatkan usaha nasabah melalui penguatan capacity building? (2). Bagaimana dampak penerapan strategi penguatan capacity building yang dilakukan PNM Mekaar Cabang Krejengan dalam.meningkatkan.usaha.nasabah? Tujuan Penelitian.ini adalah:.(1) Untuk.mengetahui.strategi PNM Mekaar Cabang Krejengan dalam meningkatkan usaha nasabah melalui penguatan capacity building. (2) Untuk mengetahui dampak yang diperoleh nasabah dari penerapan strategi penguatan capacity building yang dilakukan oleh PNM Mekaar Cabang Krejengan dalam meningkatkan usaha nasabah. Pendekatan yang digunakan dalam.penelitian.ini.adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan..dokumentasi. Analisis..data..yang digunakan dalam..penelitian ini adalah analisis.data deskriptif yang..terdiri..dari reduksi data, penyajian data,.dan penarikan..kesimpulan. Keabsahan..data di uji dengan.menggunakan.triangulasi.sumber.dan.triangulasi teknik. Hasil.dari penelitian ini menyatakan: 1). Strategi PNM Mekaar Cabang Krejengan dalam meningkatkan usaha nasabah melalui penguatan capacity building, yaitu melalui proses yang dilakukan perkelompok, yang masing-masing kelompok mendapat pendampingan dari salah satu karyawan PNM Mekaar, dan mendapat berbagai macam pelatihan. Tujuan dari strategi ini adalah memberikan ilmu pelatihan bisnis kepada nasabah PNM Mekaar dengan berbagai macam materi yang bertujuan supaya usaha para nasabah lebih maju sehingga omsetnya bisa lebih besar. Kendala adanya capacity building timbul karena adanya pandemi covid-19 seperti pertemuan dibatasi dibagi dua antara offline dan online, akan tetapi pada saat via online nasabah banyak yang kurang mengerti menggunakan media elektronik. 2). Dampak penerapan strategi penguatan capacity building, berdampak positif terhadap angsuran pinjaman nasabah karena dengan adanya penerapan strategi penguatan ini usaha nasabah menjadi lancar dan berkembang dari pada sebelumnya. Dan terdapat faktor yang mempengaruhi penguatan capacity building yaitu: komitmen bersama, kepemimpinan yang kondusif. Ada pula tingkatan-tingkatan dalam capacity building yaitu: tingkatan sistem, tingkatan individual, dan tingkatan institusional, namun yang ditekankan pada strategi penguatan capacity building, yaitu pada aspek pembelajaran pada nasabah, pendampingan, dan pelatihan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi untuk mencapai tujuan lembaga PNM Mekaar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 06:42
Last Modified: 02 May 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item