PERAN BUMDES IJEN LESTARI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Kasus BUMDes Ijen Lestari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.)

Mutawakkil Alalloh, Robith (2023) PERAN BUMDES IJEN LESTARI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Kasus BUMDes Ijen Lestari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robith Mutawakkil Alalloh_E20192167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : BUMDes, Sumber Daya Manusia, Ekonomi.
Pembangunan ekonomi suatu negara hendaknya bisa dilakukan melalui pedesaan terlebih dahulu karena desa sebagai ujung tombak perekonomian suatu negara. BUMDes diharapkan mampu mempunyai peran dalam pembangunan desa yang berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat desa, dan peningkatan terhadap ekonomi desa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1.) Bagaimana peran BUMDes Ijen Lestari dalam meningkatkan perekonomian warga desa Tamansari? 2.) Bagaimana dampak dari pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh BUMDes Ijen lestari dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa tamansari?
Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Mengetahui peran BUMDes Ijen Lestari dalam meningkatkan perekonomian warga desa Tamansari. 2.) Mengetahui dampak dari pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh BUMDes Ijen lestari dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa tamansari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan penelitan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1.) Berdasarkan hasil temuan peneliti bahwa BUMDes Ijen Lestari sangat berperan dalam meningkatkan ekonomi masrayakat yaitu dengan cara memberikan media kepada masyarakat atau solusi bagi masyarakat dalam pengembangan ekonomi. Seperti pembuatan unit usaha, penguatan Sumber Daya Manusia, dan pembuatan infrastruktur guna menunjang kegiatan ekonomi masyarakat. 2.) Adapun Dampak dari pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh BUMDes Ijen Lestari sangat berpengaruh terhadap tingkat petumbuhan ekonomi warga, hal ini dapat dilihat dengan sejauh mana edukasi ekonomi yang diberikan oleh BUMDes Ijen Lestari dan Pemerintah Desa Tamansari bisa tersampaikan kepada masyarakat, Sehingga masyarakat mampu memanfaatkan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Robith Mutawakkil Alalloh
Date Deposited: 02 May 2023 07:20
Last Modified: 02 May 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22877

Actions (login required)

View Item View Item