IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS AL AMIEN AMBULU JEMBER

Safana, Tata (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS AL AMIEN AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI AHMAD SIDIQ JEMBER.

[img] Text
tata safana_20181325.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tata Safana, 2023: Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Plus Al Amien Ambulu Jember”
Kata Kunci : pendidikan karakter ,pelajaran Al-Qur’an hadits
Pendidikan memiliki makna sebuah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang maupun kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melaui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan berfungsi sebagai pengubah pola berpikir manusia menjadi lebih baik dengan wawasan yang lebih banyak dari sebelumnya. Dalam hal ini akan membahas tentang pendidikan karakter yang akan dimasukkan kedalam pembelajaan sekolah melalui mata pelajaran Al-Qur’an hadist.
Tujuan peneliti ini adalah : 1) Mengetahui perencanaan pendidikan karakter religius,disiplin,jujur pada mata pelajaran Al- Qur'an hadits di SMP plus Al Amien Ambulu Jember 2) Mengetahui Implementasi pendidikan karakter religius,disiplin,jujur pada mata pelajaran Al- Qur'an hadits di SMP plus Al Amien ambulu jember 3) Mengetahui evaluasi Implementasi pendidikan karakter religius,disiplin,jujur pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Plus AL Amien Ambulu Jember.
Untuk menganalisis penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif ,peneliti ini dikategorikan kedalam penelitian lapangan. Guna memperoleh data tentang bagaimana implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Al- Qur’an hadits .Adapun teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan : 1) Implementasi pendidikan karakter religius,disiplin,jujur pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di SMP Plus Al Amien Jember menggunakan metode talqin dan talaqqi Dalam perencanaannya guru wajib membuat Silabus yang akan dikembangkan menjadi RPPH (Rancangan Perencanaan Pembelajaran Harian). Kemudian dalam implementasinya ada : kegiatan pendahuluan, meliputi melaksankan sholat dhuha, salam, pembacaan doa bersama, mengabsen siswa, mengkondisikan kelas. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti, melakukan pembelajaran sesuai RPP, guru melafalkan (talqin) adh Dhuha, Al Quraisy, Al Kautsar, Al muthaffifin, dan Al an'am ayat 152 untuk ditiru siswa kemudian dihafalkan (talaqqi), memaknai inti makna yang ada dalam setiap surat dan menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan penutup, meliputi kesimpulan, memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) mengakhiri pembelajaran dengan do’an hingga salam. 2) Evaluasi implementasi pendidikan karakter religius,disiplin,jujur pada mata pelajaran Al Quran Hadist di SMP Plus Al Amien Ambulu Jember yaitu tes lisan dan tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tata Safana
Date Deposited: 03 May 2023 07:25
Last Modified: 03 May 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item View Item