Diferensiasi Produk Dalam Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo

Rasidi, Ahmad (2020) Diferensiasi Produk Dalam Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Rasidi_E20162108.pdf

Download (5MB)

Abstract

Diferensiasi produk ialah menciptakan suatu produk atau citra produk yang cukup berbeda dengan produk-produk yang telah beredar dengan maksud untuk menarik konsumen. Menciptakan perbedaan pada produknya seperti yang dilakukan oleh UMKM di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo yang bergerak di bidang kerajinan tangan akan menambah kepuasan bagi konsumen. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana pola diferensiasi produk UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat diferensiasi produk dalam strategi pemasaran UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo?. Tujuan penelitian ini ialah: 1) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo, 2) Untuk mendeskripsikan pola diferensiasi produk UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo, 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat diferensiasi produk UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Di dalam menganalisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan / verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo cukup bagus dan efektif, 2) Pola diferensiasi produk yang dilakukan sesuai dengan indikator diferensiasi produk, yaitu: Bentuk, keistimewaan, mutu kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan design, 3) Faktor pendukung diferensiasi produk ialah bahan baku utamanya dan faktor penghambatnya ialah perubahan cuaca, kekurangan ide kreatif dan bahan baku kerangnya. Kata kunci: Diferensiasi Produk, Strategi Pemasaran, UMKM Kerajinan Tangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 06:43
Last Modified: 02 May 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22882

Actions (login required)

View Item View Item