Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi.

Triguna, Ahmad (2021) Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Triguna_T20161093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunc: Ukhuwah Islamiyah, DAHARPARI Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk individu manusia memiliki karakter yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lain, memiliki kebutuhan akan suasana tenang, privasi, dan waktu untuk merenungkan diri. Namun sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk berinteraksi, dan membutuhkan sebuah kelompok yang mengakui keberadaannya. Kebutuhan untuk berinteraksi dan berkelompok ini merupakan naluri alamiah atau sifat bawaan manusia, Ukhuwah Islamiyah merupakan bentuk solidaritas yang diimplementasikan melalui rasa cinta terhadap saudara seakidah yang sudah menjadi tradisi NU, tradisi ini merupakan prinsip yang memuat nilai-nilai dan ajaran agama yang diwariskan Rasulullah kepada umatnya dengan saling tolong-menolong, peduli terhadap sesama dan menguatkan benteng akidah sesamaumat dalam hal ukhuwah. Fokus penelitian ini yaitu 1) bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi? 2) faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan faktorfaktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis mode Miles dan Huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian adalah a) Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada Masyarakat Desa Songgon Melalui Gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi. 1) Tahap Tranformasi Nilai. (a) Tahap Transformasi Nilai Ukhuwah Ubudiyah, (b) Tahap Transformasi Nilai Ukhuwah Insaniyah, (c) Tahap Transformasi Nilai Ukhuwah Wathaniyah An Nasab, 2) Tahap Transinternalisasi. b) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Penanaman Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah pada masyarakat Desa Songgon melalui gerakan DAHARPARI LAZISNU Songgon Banyuwangi 1) Faktor Pendukung (a) Pengalokasian Zakat Produktif, (b) Adanya kerja sama LAZISNU Kabupaten dengan MWNU Songgon Banyuwangi, (c) Loyalitas Pengurus, 2) Faktor penghambat, (a) SDM (Sumber Daya Manusia), (b) Rendahnya Kesadaran (c) Masyarkat Sistem Informasi Zakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 06:43
Last Modified: 02 May 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22886

Actions (login required)

View Item View Item