Metode Keluarga Penyanyi Dalam Membimbing Anak Disiplin Shalat Lima Waktu (Studi Kasus Pada Keluarga Yang Berprofesi Sebagai Penyanyi Di Desa Curah Jeru Kabupaten Situbondo).

Rodiah, Aisyatur (2021) Metode Keluarga Penyanyi Dalam Membimbing Anak Disiplin Shalat Lima Waktu (Studi Kasus Pada Keluarga Yang Berprofesi Sebagai Penyanyi Di Desa Curah Jeru Kabupaten Situbondo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aisyatur Rodiah_D20153032.pdf

Download (8MB)

Abstract

Orangtua berperan strategis dalam membimbing anak shalat lima waktu, peranan tersebut menduduki posisi yang penting dalam sebuah keluarga. Ketika orangtua mempunyai pekerjaan sebagai entertain dan pekerjaan tersebut terlalu sibuk, maka akan menyebabkan orangtua lalai dan kurangnya waktu dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya. Kesibukan orangtua menjadi faktor dalam memberikan bimbingan tentang shalat dan cenderung tidak menjadi teladan yang baik dalam shalat lima waktu. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana metode orangtua yang berprofesi sebagai penyanyi dalam membimbing anak disiplin melaksanakan shalat lima waktu. 2) Apa saja kendala orangtua yang berprofesi sebagai penyanyi dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan bagaimana metode orangtua yang berprofesi sebagai penyanyi dalam membimbing anak disiplin melaksanakan shalat lima waktu. 2) Untuk mendiskripsikan apa saja kendala orangtua yang berprofesi sebagai penyanyi dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informasinya menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari kedua orantua, anak dan nenek. Analisis yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Hasil dari penelitian ini: 1) metode orangtua yang berprofesi sebagai penyanyi dalam membimbing anak disiplin melaksanakan shalat lima waktu yakni dengan mengajarkan shalat secara berulang-ulang, membimbing dengan memotivasi, mencontohkan bacaan dan gerakan shalat, menyekolahkan dan mengajikan anak. 2) kendala orangtua yang berprofesi sebagai penyanyi dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu yakni kesibukan dari orangtua karena bekerja dan dari sang anak itu sendiri yakni rasa malas, asik dengan bermainnya, sibuk bermain game di HP dan terlalu asik dengan totonan televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 08:28
Last Modified: 02 May 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22896

Actions (login required)

View Item View Item