Manajemen Distribusi Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember Dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan di Kota Jember

Zannah, Alvia Raudatul (2021) Manajemen Distribusi Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember Dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan di Kota Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alvia Raudatul Zannah_E20174027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen distribusi zakat secara optimal dengan mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas, baik dari sisi penghimpunan dan pendistribusiannya sangat mendukung penanganan masalah sosial. Hal ini dapat membantu untuk menyalurkan dana zakat menjadi tepat pada sasaran. Tumbuh dan berkembangnya kesadaran para muzakki dalam menunaikan kewajiban zakat yang dari waktu ke waktu semakin meningkat bermakna strategis dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka kemiskinan yang ada di kota Jember. Zakat memiliki dampak segi sosial serta fungsi ekonomis yang besar dan esensial, karena itu pengelolaan zakat menggunakan dasar-dasar yang baik dengan prinsip zakat sesuai syariah Islam akan meningkatkan peranan dan fungsi zakat dalam upaya mengentaskan kemiskinan di kota Jember. Dalam skripsi ini terdapat dua fokus penelitian di antaranya: (1) Bagaimana manajemen distribusi zakat pada Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember? (2) Bagaimana upaya Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember dalam mengentaskan kemiskinan dikota Jember?. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan berupa: (1) Mendiskripsikan bagaimana manajemen distribusi zakat pada Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember. (2) Mendiskripsikan bagaimana upaya Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember dalam mengentaskan kemiskinan dikota Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Demikian peneliti memperoleh kesimpulan (1) Manajemen distribusi zakat pada Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember selalu berupaya mengedepankan aspek kebutuhan masyarakat jember, dengan berupaya semaksimal mungkin mengelola dana zakat secara amanah, profesional, dan transparan dengan mengedepankan akuntabilitas dan transparasi yang baik. Dan selalu berpedoman pada syariat Islam dan Undang-undang zakat yang sudah di atur oleh pemerintah. (2)Upaya Lembaga Amil Zakat Azka Al-Baitul Amien Jember dalam mengentaskan kemiskinan di kota Jember yaitu melalui program- program unggulan dengan harapan dapat mengentaskan kemiskinan di kota Jember salah satunya program UKM Binaan Azka berupa pemberian bantuan modal usaha ini bersifat produktif dan juga distribusi manfaat zakat ini bersifat konsumtif. Kata kunci: Manajemen Distribusi Zakat, Upaya Mengentaskan Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 09:07
Last Modified: 02 May 2023 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22909

Actions (login required)

View Item View Item