Tinjauan Maslahah Mursalah Tentang Buruh Muslim Bekerja Kepada Non Muslim Dalam Pembuatan Kertas Sebagai Alat Peribadatan Kong Hu Cu (Studi Kasus PT Banindo Abadi Jaya Desa Pekaman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso)

Jamil, Alyfiyyah (2021) Tinjauan Maslahah Mursalah Tentang Buruh Muslim Bekerja Kepada Non Muslim Dalam Pembuatan Kertas Sebagai Alat Peribadatan Kong Hu Cu (Studi Kasus PT Banindo Abadi Jaya Desa Pekaman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alyfiyyah Jamil_S20172011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Tinjauan Maslahah Mursalah, Buruh/Tenaga Kerja, Alat Peribadatan, Kong Hu Cu Dalam Islam diajarkan untuk dapat memilih pekerjaan yang baik dan yang halal, yaitu pekerjaan yang tidak dapat merendahkan diri sendiri dan agama. Dari hal tersebut masih banyak masyarakat yang memiliki pendidikan dan pengetahuan agama yang masih dikatakan rendah. Sehingga masyarakat memilih pekerjaan untuk kebutuhan dirinya sendiri tanpa mengetahui apakah pekerjaan yang dilakukan itu boleh atau tidak menurut pandangan agama Islam. Hal ini terjadi pada buruh muslim yang bekerja di PT. Banindo Abadi Jaya untuk membuat alat peribadatan Kong Hu Cu. Fokus masalah yang diteliti yaitu: 1) Apa hal yang melatar belakangi buruh muslim bekerja kepada non muslim dalam pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Cu ? 2) Bagaimana praktik pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Chu di PT Banindo Abadi Jaya ? 3) Bagaimana tinjauan Maslahah Mursalah tentang buruh muslim bekerja kepada non muslim dalam pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Chu ?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang tinjauan Maslahah Mursalah tentang buruh muslim bekerja dalam pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Chu. Kemudian untuk mengetahui latar belakang buruh muslim bekerja kepada non muslim untuk membuat kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Chu, serta mengetahui praktik pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Cu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini ialah 1. Bahwa latar belakang buruh muslim bekerja dalam pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Konghucu yaitu karena faktor ekonomi 2. Bahwa praktik pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Cu yaitu bambu dari hasil sisa pembuatan sumpit akan diolah menjadi kertas, sisa bambu diberi soda selama bebeapa hari, lalu hasil yang diberi soda digiling, di press sehingga membentuk lembaran panjang, selanjutnya dicetak dan distempel sesuai motif yang diinginkan, lalu dipotong, dipacking dan diekspor. 3. Bahwa tinjauan Maslahah Mursalah tentang buruh muslim bekerja dalam pembuatan kertas sebagai alat peribadatan Kong Hu Cu yaitu menurut maslahahmursalah termasuk Maslahah al- Dharuriyah dalam memelihara harta, hal ini karena tujuan utama buruh bekerja untuk ekonomi dan melangsungkan hidupnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 02 May 2023 09:08
Last Modified: 02 May 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item