Kontribusi Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Berzakat Di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember

Norholisah, Sitti Kontribusi Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Berzakat Di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text (Skripsi tentang Zakat)
Skripsi Sitti Norholisah tentang Zakat.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sitti Norholisah, 2022. Kontribusi Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Berzakat Di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember

Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri merupakan lembaga yang memfokuskan untuk mengangkat harkat dan martabat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan menggunakan dana-dana Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf (ZISWAF) serta dana lainnya, baik yang halal dan legal, dan baik itu dari perorangan, ataupun kelompok, maupun perusahaan/lembaga.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yakni: 1. Bagaimana kontribusi Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam proses menyadarkan masyarakat untuk berzakat di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember?, 2. Bagaimana kendala yang dialami oleh Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam menyadarkan masyarakat untuk berzakat di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember ?, 3. Bagaimana cara Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) menghadapi kendala-kedala tersebut?. Dengan adanya fokus penelitian tersebut, maka penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan kontribusi Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam menyadarkan masyarakat untuk berzakat di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember, 2. Mendeskripsikan kendala yang dialami oleh Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam menjalankan tugasnya ke masyarakat, 3. Mendeskripsikan cara Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) menghadapi kendala-kedala yang ada.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta tekhnik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data nya menggunakan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1. Kontribusi Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam proses menyadarkan masyarakat untuk berzakat di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Jember sangat lah besar dan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pengelolahan zakat yang ada di lembaga Yatim Mandiri Jember, baik itu dari pengumpulan zakatnya, pendistribusiannya serta pendayagunaannya. 2. Kendala yang dialami oleh Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) dalam menjalankan tugasnya ke masyarakat yakni: pemahaman masyarakat tentang zakat masih sangat rendah, masyarakat memang enggan untuk membayar zakat, banyak masyarakat berpikiran bahwa membayar zakat langsung ke para mustahik lebih efektif karena muzaki bisa secara langsung melihat kondisi mustahik, kurang percayanya masyarakat kepada lembaga amil zakat karena sering beredar info terkait penipuan yang mengatasnamakan lembaga amil zakat, masyarakat lebih menganggap amil (ZISCO) sebagai peminta-minta dan penagih sehingga terkadang sulit untuk amil diterima dengan senang hati oleh masyarakat, serta donatur terkadang tidak tepat janji terkait masalah waktu bertemu untuk pengambilan dana. 3. Upaya atau cara Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO) menghadapi kendala-kedala yang dialami saat terjun ke masyarakat dalam hal menyadarkan masyarakat untuk berzakat ialah dengan melakukan edukasi berupa sosialisasi, baik itu secara langsung ataupun menggunakan media sosial .

Kata Kunci : Zakat Infaq Sedekah Consultant (ZISCO), Kesadaran, LAZNAS Yatim Mandiri

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Sitti Norholisah Holisah
Date Deposited: 03 May 2023 07:31
Last Modified: 03 May 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22912

Actions (login required)

View Item View Item