Upaya Guru Fiqh dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Azisan, Emi (2023) Upaya Guru Fiqh dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EMI AZISAN_ T20191204.pdf

Download (1MB)

Abstract

Emi Azisan,2023: Upaya Guru Fiqh dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Guru Fiqh, Kesadaran Beribadah, MTs Negeri 5 Jember
Ibadah merupakan suatu kewajiban bagi umat manusia terhadap tuhannya dan dengan ibadah akan mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Ibadah dalam penelitian ini adalah salat. Salah satu kewajiban umat muslim yaitu mengerjakan salat. Guru MTs Negeri 5 Jember sudah berupaya untuk meningkatkan kesadaran beribadah siswa melalui pelaksanaan salat berjamaah. Namun, dalam pelaksanaannya masih ada siswa masih kurang akan kesadaran beribadahnya, yang disebabkan oleh beberapa faktor.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana keadaan kesadaran beribadah siswa dan apa saja upaya guru fiqh dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2022/2023? 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2022/2023 ?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keadaan kesadaran beribadah siswa serta upaya guru fiqh dalam meningkatkan kesadaran beribadah kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2022/2023 2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penetapan subjek dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Keadaan kesadaran beribadah siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 jember masih rendah. Kurangnya kesadaran beribadah siswa terutama dalam salat itu disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu ada upaya guru fiqh dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa yaitu (a) memberikan wawasan dan pengarahan kepada siswa tentang salat, (b) memanggil dan mengumpulkan siswa yang melanggar ketika melaksanakan salat, (c) memberikan motivasi kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, (d) bekerjasama dengan guru yang lain untuk mengawasi salat siswa, (e) adanya kegiatan keagamaan yang mana kegiatan ini diisi dengan materi sekaligus praktek keagamaan. 2) Faktor pendukungnya antara lain (a) adanya sarana dan prasarana yang memenuhi, (b) diri-sendiri, (c) kekompakan dari guru-guru dalam memberikan motivasi, mengingatkan ketika siswa melanggar dan memberikan contoh yang baik. Selain faktor pendukung, dalam meningkatkan kesadaran beribadah ini ada faktor penghambatnya antara lain (a) lingkungan di rumah, terutama orang tua, (b) basic siswa yang dari SD sehingga kurang wawasannya tentang salat, (c) teman, (d) meskipun sarana dan prasarana terpenuhi, akan tetapi debit air yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Emi Azisan
Date Deposited: 03 May 2023 07:22
Last Modified: 03 May 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item