Epistimologi Hukum Islam Kontemporer : Konsep, Teori dan Implementasi

Faiz, Muhammad Fauzinudin, ed. (2019) Epistimologi Hukum Islam Kontemporer : Konsep, Teori dan Implementasi. Penerbit Pustaka Ilmu, Yogyakarta. ISBN 978-623-7066-21-7

[img] Text
hukum islam konteporer.pdf

Download (1MB)

Abstract

Segala puja dan puji hanyalah pantas dipanjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Semesta alam, yang telah mencurahkan limpahan rahmat-Nya kepada umat manusia, memberinya akal sehingga dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk, memberinya hikmah dan maslahah pada setiap aturan yang diberlakukan-Nya sehingga manusia tidak hanya sekedar menjelankan perintah-Nya, namun juga meneguk kemaslahatan dan kebaikannya.
Selawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan pada Nabi akhir zaman, Rasūlillah Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam, para sahabatnya, serta kaum intelektual saleh yang telah menyinari alam semesta ini dengan cahaya ilmu serta untaian do’a tulus mereka. Penulis berdoa, semoga Allah SWT. Menerima sumbangsih keilmuan mereka dengan berbagai kekurangannya, sebagai bagian dari ibadah dan sekaligus rasa syukur atas curahan rahmat-Nya.
Di antara empat disiplin ilmu keislaman tradisional yang mapan – yaitu ilmu fikih, ilmu kalam, ilmu tasawuf, dan filsafat-- maka fikih (hukum Islam) merupakan suatu disiplin ilmu yang paling kuat mendominasi pemahaman orang-orang Islam akan agama mereka, sehingga ia paling banyak membentuk bagian terpenting cara berpikir mereka. Kenyataan ini dapat ditelusuri melalui berbagai proses historis pertumbuhan masyarakat muslim masa lalu, juga melalui sebagian dari inti semangat ajaran agama itu sendiri.
Sebagai hukum yang hidup dan berkembang di masyarakat, hukum Islam memiliki karakteristik tersendiri, di antaranya adalah coraknya yang responsive, adaptif, dan dinamis yang membuka peluang bagi kehidupan, perubahan, dan pembaharuan sesuai dengan semangat zaman. Namun, di sinilah yang menjadi perdebatan dalam proses pergumulan, yakni dalam hal relevansi maupun aktualisasi hukum itu sendiri, terutama bila dikaitkan dengan keadaan tempat (locus-lokal) maupun zaman (temporal).
Tulisan dalam buku yang ditulis oleh mantan Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember ini mencoba menyoroti kontekstualisasi hukum Islam dalam menghadapi perubahan- perubahan yang begitu dahsyat beberapa dekade terakhir ini. Yang paling utama adalah bagaimana hukum Islam bergumul dengan kenyataan riil pada perkembangan baru dalam kehidupan umat manusia. Apa saja faktor dinamika yang harus terus dikembangkan dalam rangka pengembangan hukum Islam kontemporer. Apakah kerangka metodologi yang selama ini dipakai masih cukup memadai atau perlu reformulasi kearah yang lebih menyentuh semangat perubahan itu sendiri. Pada bagian akhir, juga akan dibahas corak pemikir hukum Islam yang dianggap representatif oleh penulis serta masa depan hukum Islam kontemporer di tengah perubahan dahsyat yang senantiasa membutuhkan etika dan paradigm baru.
Selamat membaca!

Item Type: Book
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Muhammad Fauzinudin Faiz
Date Deposited: 03 May 2023 04:38
Last Modified: 03 May 2023 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22915

Actions (login required)

View Item View Item