IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENUMBUHKAN ECOLITERACY PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SULTAN AGUNG PUGER JEMBER

Rohman, Abdul (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENUMBUHKAN ECOLITERACY PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SULTAN AGUNG PUGER JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI AHMAD SIDIQ JEMBER.

[img] Text
abdul rohman-T20189043-4.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abdul Rohman,2022: “Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP) Sultan Agung Puger Jember”
Kata Kunci : Implementasi, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ecoliteracy.
Ecoliteracy identik dengan pemahaman tentang konsep prinsip, teori, dan bagaimana fungsi sistem alam berinteraksi dengan sistem sosial. Sikap dan nilai ekologis merupakan sensitivitas atau kepekaan individu berkaitan dengan permasalahan lingkungan sedangkan perilaku lingkungan bertujuaan untuk mendukung individu mempertimbangkan aktivitasnya terhadap lingkungan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember. 3) Untuk mengetahui Bagaimana evaluasi pembelajaran IPS dalam menumbuhkan Ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan.. Dimana tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, serta menghasilkan gambaran akurat serta pengetahuan yang dapat digunakan dalam mendeskripsikan tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis karena dapat mengungkap data secara mendalam tentang implementasi pembelajaran IPS dalam menumbuhkan ecoliteracy peserta didik di SMP Sultan Agung Puger Jember”. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan: 1) Perencanaan yakni guru membersiapkan silabus dan RPP. 2) Pelaksanaan yakni dengan metode PBL (Project Based Learning) yang menitik beratkan siswa dalam proses pembelajaran dengan langsung praktik. Dan menerapkan segalah hal yang berkaitan dengan menjaga lingkungan alam yakni dengan menerapkan ecoliteracy. 3) Evaluasi daripada penelitian ini yakni dengan menggunakan penilaian yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ABDUL ROHMAN
Date Deposited: 03 May 2023 07:18
Last Modified: 03 May 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22922

Actions (login required)

View Item View Item