Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Hukum Newton dengan Pendekatan Kontekstual di Tingkat SMP.

Husna, Aminatul (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Hukum Newton dengan Pendekatan Kontekstual di Tingkat SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatul Husna_T201710085.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, articulate storyline 3, hukum Newto, pendekatan kontekstual Articulate storyline 3 merupakan platform perancang media pembelajaran interaktif sebagaimana Ms. Power Point, namun dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan menarik. Berbagai sumber referensi menyebutkan bahwa platform ini efektif digunakan sebagai perancang media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini, materi IPA yang dijadikan bahan media pembelajaan adalah hukum Newton berbasis kontekstual. Hal ini mengingat hukum Newton merupakan materi dengan konsep dasar yang harus dikuasai oleh siswa dan memuat berbagai penerapan dan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif berbasis articulate storylne 3 pada materi hukum Newton dengan pendekatan kontekstual di tingkat SMP. 2) untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storylne 3 pada materi hukum Newton dengan pendekatan kontekstual di tingkat SMP. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model yang diusulkan oleh Robert Maribe Brach yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation), namun hanya dilaksanakan sampai tahap implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna atau guru IPA. Sedangkan respons siswa diperoleh dari 32 siswa kelas VIII E dan VIII F SMPN 2 Balung. Tingkat kelayakan media pembelajaran pembelajaran interaktif articulate storylne 3 berbasis kontekstual pada materi hukum Newton untuk siswa SMP/MTs kelas VIII : 1) ahli materi diperoleh rata-rata 4,57 termasuk kategori “Sangat Layak”. 2) ahli media diperoleh rata-rata 4,80 termasuk kategori “Sangat Layak”. 3) pengguna atau guru diperoleh rata-rata 4,78 termasuk kategori “Sangat Layak”. Media ini mendapat respons positif dari siswa dengan perolehan hasil respons siswa uji coba kelompok kecil memperoleh 4,45. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak Sedangkan untuk uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 4,00. Nilai tersebut termasuk dalam kategori layak. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi hukum Newton dengan pendekatan kontekstual di tingkat SMP “sangat valid” untuk diterapkan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 04:36
Last Modified: 03 May 2023 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22923

Actions (login required)

View Item View Item