Peran kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Memperbaiki Kinerja Guru di SMP Nurul Islam Antirogo Jember

Munawaroh, Aminatul (2020) Peran kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Memperbaiki Kinerja Guru di SMP Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatul Munawaroh_T20153042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Supervisi akademik adalah segala usaha dalam membantu guru-guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengembangkan kemampuannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah 1. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam merencanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 2. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 3. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam mengevaluasi supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan perilaku kepala sekolah dalam merencanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 2. Untuk mendiskripsikan perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam 3. Untuk mendiskripsikan perilaku kepala sekolah dalam mengevaluasi supervisi akademik untuk memperbaiki kinerja guru di SMP Nurul Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis Data menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahaan data menggunakan dengan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini yaitu, 1. Perencanaan supervisi akademik di SMP Nurul Islam meliputi : Menganalisis kompetensi guru, menentukan obyek supervisi, membuat jadwal supervisi, melaksanakan supervisi 2. Pelaksanaan supervisi akademik di SMP Nurul Islam yaitu mengunakan tehnik supervisi kelompok dan supervisi individual 3. Evaluasi supervisi akademik di SMP Nurul Islam yaitu melakukan evaluasi pembelajaran dengan melihat instrument pengukuran kinerja guru kemudian melaksanakan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 04:36
Last Modified: 03 May 2023 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item View Item