Jual Beli Bersyarat Melalui Promo Cashback Pada Aplikasi Shopee dalam Tinjauan Fiqih Muamalah.

Firdayanti, Anisa Rifki (2021) Jual Beli Bersyarat Melalui Promo Cashback Pada Aplikasi Shopee dalam Tinjauan Fiqih Muamalah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anisa Rifki Firdayanti_S20172001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Jual Beli, Cashback Shopee, Fiqih Muamalah. Jual beli adalah kegiatan tukar menukar yang mempunyai nilai sukarela diantara kedua belah pihak. Dalam hal ini kegiatan jual beli semakin berkembang dan memunculkan berbagai fitur aplikasi belanja online salah satunya yaitu Shopee. Shopee memberikan berbagai promo berupa gratis ongkir dan cashback yang dinilai sangat menguntungkan konsumen sehingga Shopee sangat diminati masyarakat. Namun, mengenai cashback Shopee terdapat syarat dalam transaksi jual belinya dengan menggunakan pembayaran Shopeepay maka cashback akan diterima dan cashback berupa koin shopee yang terdapat masa berlaku dalam pemakaiannya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana praktik jual beli dengan syarat pembayaran untuk mendapatkan cashback? 2) Bagaimana mekanisme transaksi pemberian cashback di shopee? 3) Bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap jual beli dengan syarat pembayaran untuk mendapatkan cashback pada aplikasi shopee. Adapun dari tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan praktek jual beli dengan syarat pembayaran untuk mendapatkan cashback, 2) Mendeskripsikan mekanisme pemberian cashback di shopee, 3) Mengetahui dan menganalisis hukum jual beli dengan syarat pembayaran berdasarkan tinjauan fiqih muamalah. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan analisis penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan konseptual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan teknik dokumenter dan analisis data menggunakan analisis deskripsi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)Praktik jual beli di Shopee untuk mendapatakan cashback terlebih dahulu penjual harus bekerjasama dengan shopee dan untuk pembeli supaya mendapatkan cashback bisa dilakukan melalui jual beli online maupun langsung, dengan syarat telah bekerjasama dengan Shopee dan sistem pembayaraanya dengan Shopeepay maka cashback bisa diterima. 2)Mekanisme transaksi pemberian cashback di Shopee terdapat syarat dan ketentuannya, cashback akan didapatkan setelah transaksi diselesaikan atau barang telah diterima setelah itu pembeli akan menerima cashback berupa koin shopee. 3)Jual beli dengan syarat pembayaran untuk mendapatkan cashback di Shopee syarat tersebut telah diketahui dan disepakati, syarat pada jual beli tersebut menekankan pada sistem pembayaran untuk mendapatkan cashback, sehingga dalam fiqih muamalah jual beli bersyarat diperbolehkan dan perolehan cashback sama dengan prinsip ju’alah, akan tetapi cashback lebih kearah hibah yang diberikan atas dasar pemberian sukarela karena sebagai strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 04:35
Last Modified: 03 May 2023 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item